Empat Ponpes Terima Sarpras Sanitasi Dari BPPW Sulbar

32

Majene, LensaKhatulistiwa.com – Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sulbar menyerahkan Program Penyediaan Sarana dan Prasarana (Sarpras) Sanitasi kepada Lembaga Pendidikan Keagamaan (LPK) di Majene.

Acara serah terima sarpras sanitasi ini, berupa pekerjaan pembagunan Mandi Cuci Kakus (MCK), Tempat Wudhu dan Tempat Cuci Tangan Kabupaten Majene Tahun Anggaran 2021, di Pusatkan di Pondok Pesantren (Ponpes) Miftahul Jihad Tande, Kamis (16/09/21).

“Kami berterima kasih kepada pihak BPPW Sulbar yang telah memfasilitasi sarpras sanitasi melalui program Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR),” ucap Ustadz Tamrin Pimpinan Ponpes Miftahul Jihad Tande Majene, Senin (20/09/21).

Kepala BPPW Sulbar Normansjah Warta Bone mengungkapkan, sesuai arahan Wakil Presiden terkait bantuan untuk institusi pendidikan keagamaan di masa Pandemi Covid-19, Kementerian PUPR melalui BPPW Sulbar telah melakukan survei terhadap kondisi sarpras sanitasi di LPK yang masuk kategori tidak layak.

“Pembangunan penyediaan sarpras sanitasi LPK Ponpes untuk meningkatkan kesadaran para penghuni dan masyarakat sekitar terhadap pentingnya Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),” ujarnya.

Selain itu, penyediaan sarpras sanitasi LPK agar tercipta lingkungan belajar mengajar yang aman, nyaman, bersih dan sehat, meningkatkan kualitas dan kuantitas pemberdayaan masyarakat serta menciptakan lapangan kerja yang dapat memberikan tambahan pendapatan bagi warga ponpes.

“Berdasarkan hasil survei, diketahui bahwa kondisi sarpras sanitasi di LPK sebagian besar tidak layak dan belum terdapat pengolahan air limbah domestik yang baik sehingga berpotensi menyebabkan pencemaran sanitasi di LPK,” urainya.

Normansjah menyebut, BPPW Sulbar telah melakukan pembangunan MCK, tempat wudhu dan tempat cuci tangan tahap 2021 sebanyak 12 ponpes di Sulbar. Untuk wilayah Majene terdapat 4 ponpes yang menerima sarpras sanitasi ini, yaitu Ponpes Miftahul Jihad Tande, Ihyaul Ulum DDI Baruga, Darut Tahzib Simullu dan Darul Hikmah Poniang,” sebutnya.

Sementara, Kepala Bidang Haji Kemenag Provinsi Sulbar mewakili Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sulbar H. Ahmad Barambangi mengucap terima kasih kepada PUPR wilayah Sulbar atas bantuan kepada Ponpes yang ada di Sulbar, yang tentunya diharapkan untuk dapat melakukan inovasi pengembangan sumber daya manusia.

“Ke depan para alumni Ponpes akan menyebar ke seluruh Instansi. Dan program inovasi digitalisasi dapat dipelajari supaya alumni santri tidak hanya mampu di mimbar, namun juga mampu di Ponpes dan mampu memberikan pelayanan Dunia dan Akhirat. Bersama PUPR kita unggul, bersama Pemerintah Daerah kita maju dan mandiri, bersama Kemenag dan Ponpes kita religius,” terang Mantan Kabid Pakis Kemenag Sulbar itu.

Diakhir serah terima, Asistem II Setda Majene Nadlah B Fattah menuturkan, melalui serah terima sarpras sanitasi LPK sejalan program Bupati Majene, yaitu Unggul, Mandir, dan Religius (UMR). “Religiusnya ini yang kita ambil sehingga pendidikan keagamaan di pesantren bisa tercapai. Tunjukan perestasimu,” ungkapnya.

Hadir dalam kegiatan, Kepala Kemenag Majene H. Mustapa Tangngali, Kepala Seksi PD Pontren Dr.H. A.Amrullah Akil, Kasubbag Umum Dan Tata Usaha PPK Tata Laksana BPPW Sulbar Frederik Simon Pabora, Kepala Seksi Pelaksana Wilayah II Ibrahim Nawawi, Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan BPPW Sulbar Ibrahim Tandidatu, PPK Sanitasi BPPW Sulbar Muhammad Thalib, Koordinator Kabupaten Majene Jurmawanti,Tenaga Fasilitator Lapangan Kabupaten Majene Qadri dan Hamida, serta beberapa Pimpinan Ponpes Kabupaten Majene.(Abr)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here