Wabup Ikuti Rapat Di BNPB

63

Majene,LensaKhatulistiwa.Com-Wakil Bupati Majene Aris Munandar hadiri rapat bersama jajaran BNPB dalam rangka membicarakan mengenai bantuan stimulan korban gempa Malunda-Ulumanda untuk tahap ke ll.

Tujuan pertemuan dalam rangka memberikan gambaran terkait perkembangan bantuan stimulan rumah DSP untuk tahap 1 dan konsultasi terkait usulan tahap 2 bantuan stimulan rumah yang terdampak di Kabupaten Majene, Selasa 23 November 2021.

Wakil Bupati Majene yang didampingi kepala BPBD Majene Ilhamsyah menjelaskan mengenai Bantuan DSP yang diterima Kabupaten Majene tahap ke 1 sebesar Rp123,2 miliar untuk penerima bantuan sebanyak 3.880 unit (hasil reviu APIP BNPB). Namun setelah diverifikasi ulang hanya terdapat 3.463 unit rumah RB, RS dan RR dengan nominal bantuan sebesar Rp 74,2 miliar dengan progres 80% sudah tersalurkan kepada masyarakat.

“Namun Kendala yang dihadapi oleh Pemkab Majene pada bantuan stimulan tahap 1 yaitu harga bahan bangunan yang tinggi, kekurangan SDM/tukang dan penggunaan kayu yang terhambat,” katanya.

Sementara itu, dalam rapat tersebut pihak BNPB menginstruksikan kepada Pemda Majene agar dicek kembali data BNBA untuk pemanfaatan sisa dana dan disesuaikan dengan format SPM terbaru dengan didampingi oleh Dukcapil, sehingga data BNBA yang disampaikan ke BNPB valid dan dapat mempercepat proses pengajuan usulan. Kedepannya perbaikan rumah RS dan RR agar dibiaya oleh APBD (sharing pendanaan), tukasnya.

“BNPB akan menyampaikan surat kepada Pemkab Mejene terkait persyaratan yang harus dilengkapi dan akan berkoordinasi dengan inspektorat BNPB terkait mekanisme sisa dana yang akan dimanfaatkan untuk usulan tahap ke 2.

Rapat dipimpin oleh Direktur Perencanaan Rehabilitasi dan Rekonstruksi serta dihadiri oleh Wakil Bupati Mejene, DPRD Kab. Majene, BPBD Kab. Majene, Kepala Dinas Permukiman Kab. Majene, Ketua Pokja Pemulihan Kab. Majene, Staf Ahli Pembangunan Ekonomi Kab. Majene dan Pejabat Es 3 Dit PRR.(srl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here