Antisipasi dan Monitoring Harga Kebutuhan Pokok

25

Majene, LensaKhatulistiwa.com – Seperti biasanya, moment Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW, acap kali di warnai dengan kegiatan besar dan meriah pada sebagian besar Kota maupun wilayah di Nusantara termasuk di daerah ini.

Namun moment iniĀ  tidak heran jika terkadang berdampak pada peningkatan harga sejumlah kebutuhan pokok kegiatan Maulid Nabi di pasaran, seperti telur, beras ketang, rempah-rempah dan sebagaianya.

Jauh sebelumnya, untuk mengantisipasi kenaikan harga kebutuhan pokok, Polres Majene telah melakukan upaya antisipasi dan monitoring yang berkesinambungan jelang dan saat perayaan Maulid yang puncaknya tanggal 12 Rabiual Awal pada kalender hijriah.

“Dari hasil monitoring sejak awal harga dan stok telur itik dan telur ayam ras serta bahan pokok lainnya saat ini masih stabil di Pasar Sentral Majene,” terang Syarifuddin Kanit Ekonomi Sat Intelkam, Sabtu (23/10/21).

Syarifuddin menuturkan, saat ini, stok berbagai jenis bahan pokok masih tercukupi dan banyak tersedia di beberapa toko termasuk di Pasar Sentral Majene. “Yang harganya naik sedikit, seperti telur ayam ras dan telur itik. Sebelumnya harga telur itik sebesar Rp50.000 per rak dan saat ini mencapai harga Rp55.000 per rak,” rincinya.

Diungkapkan, keterangan dari beberapa sumber, bahwa harga telur itik pada perayaan Maulid akan mencapaiĀ Rp75.000 per rak, bahkan tidak menutup kemungkinan melambung hingga Rp90.000 per rak.

“Kesimpulannya, selain telur di moment perayaan Maulid, harga pasar akan tetap normal. Kenaikan harga telur diperkirakan karena banyaknya permintaan dan disiyalir ada permainan oknum yang sengaja memanfaatkan moment ini untuk meraut keuntungan, sehingga Polres Majene terus aktif melakukan monitoring di lapangan demi menjaga stabilitas harga di pasar khususnya di moment perayaan Maulid untuk mengantisipasi kenaikan harga,” tegasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian (Diskoperindag) Majene Busri Kamedi menjelaskan, pihaknya juga terus melakukan pemantauan harga bahan pokok di setiap pasar.

“Sejauh ini, belum terdapat kenaikan harga kebutuhan pokok termasuk kebutuhan pokok kegiatan Maulid Nabi, meski ada kenaikan tapi tidak secara signifikan atau masih bersifat kewajaran. Dan pemantauan harga bahan pokok sudah tugas program Diskoperindag Majene setiap harinya,” paparnya.(ADV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here