Asdar ; Harus Ada Upaya Optimalisasi Peran Dewan Pendidikan

449

MAMUJU-LK, Dewan pendidikan, sebagai lembaga pengawal dunia pendidikan diharapkan mampu melaksanakan perannya dengan baik dan optimal.

Asdar salah satu anggota Komisi III DPRD Kabupaten Mamuju lebih spesifik bahwa, ekspetasi masyarakat terhadap lembaga yang satu ini begitu besar, terutama pada saat kelahirannya.

Dirinya menyebut,Bila melihat sejarahnya, lembaga ini masih relatif muda atau bahkan baru balita dalam rentang usia kehidupan manusia. Tahun 2002 tepatnya, lembaga ini muncul seiring dengan era perubahan pengelolaan pendidikan yang berbasis masyarakat.

Berdasarkan SK. Mendiknas Nomor 044/U/2002 tentang Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah, maka setidaknya ada 4 (empat) peran yang harus dilakukan oleh Dewan Pendidikan, yaitu: pertama, pemberi pertimbangan (advisory agency) dalam penentuan dan pelaksanaan kebijakan pendidikan, kedua, pendukung (supporting agency), baik yang berwujud finansial, pemikiran maupun tenaga dalam penyelenggaraan pendidikan. Ketiga, pengontrol (controlling agency) dalam rangka transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan dan keluaran pendidikan dan keempat, sebagai mediator (mediating agency) antara pemerintah (eksekutif) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) (legislatif) dengan masyarakat.”jelas Legislator PKS ini.
Semua peran dan fungsi dewan pendidikan inilah yang kemudian harus mampu dioptimalkan dalam mewujudkan sistem pendidikan yang baik di daerah kita,”imbuhnya.

Kita berharap ada sebuah upaya yang konstruktif dalam hal ini,sehingga Institusi pendidikanpun juga harus mampu melakukan sinergitas dengan Dewan Pendidikan,”pungkas Asdar. (Mul)