Budi Mansur: Pilkades Serentak Harus Menjadi Perhatian Serius

160

Majene,Lensakhatulistiwa.Com-Komisi A DPRD Majene angkat bicara mengenai wacana Pemilihan Kepala Desa secara serentak yang akan dilaksanakan pada tahun 2023 mendatang. Pihaknya mengingatkan kepada pemerintah agar hal tersebut mendapatkan perhatian serius.

Pemilihan serentak yang sempat ditunda dua tahun terakhir, dimana diakibatkan wabah covid-19 yang enggan menunjukkan kurva bergerak turun pada saat itu. Pemerintah Pusat melalui Kementrian terkait mengambil langkah moratorium dengan melakukan penundaan.

Budi Mansur mengatakan saat ditemui dikediamannya mengatakan, Pemerintah harus lebih jeli dan mempersiapkan konsepnya secara matang. Mengingat, pesta demokrasi yang dilaksanakan ditingkat paling bawah (Pilkades) justru lebih memiliki potensi konflik cukup tinggi.

“Makanya itu, Pemerintah harus tetap memikirkan dan melakukan pembinaan serta sosialisasi secara massif agar demokrasi ditingkat desa tetap berkualitas,” ujarnya, wakil ketua komisi l itu.

Ia juga katakan, Pilkades memiliki karakter yang sama dengan pemilihan lainnya. Namun yang membedakan skalase pertarungan cukup sempit dan memiliki potensi konflik cukup tinggi.

“Jadi mempersiapkan Pilkades kedepan harus terus dikonsep secara matang dan tak boleh dianggap hal biasa saja,” jelasnya, Minggu 7 Agustus 2022.

Lanjut Budi, selain perhatian pemerintah daerah, perhatian pemerintah pusat juga sangatlah dibutuhkan ketika Pilkades berlangsung. Kabupaten Majene sendiri ada 43 desa yang akan ikut memeriahkan pesta demokrasi pada tahun 2023 kedepan.

“Pembinaan dapat menjadi keniscayaan dalam mengantisipasi setiap konflik-konflik sosial yang kapan saja dapat terjadi pada saat Pilkades memasuki momentumnya. Diharapkan Pilkades nantinya dapat menjadi entitas mayarakat desa dalam melahirkan pemimpin serta menjaga jalanya pemilihan tetap kondusif,” lanjutnya.

Pilkades kedepan dapat dijadikan momentum terbaik dalam mengevaluasi kinerja pemerintah desa, baik penataan kelembagaan maupun regulasinya. Komisi l sendiri sedang mengusung agenda untuk mengundang DPMD Majene, Kabag Hukum dan Bagian keuangan untuk membahas persiapan Pilkades kedepan.(whd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here