Bupati Majene Minta Seluruh Aset Milik Daerah Ditertibkan

60

MAJENE – Bupati Majene Andi Achmad Syukri Tammalelei meminta pengelolaan aset atau Barang Milik Daerah (BMD) agar seluruh aset-aset ditertibkan.

Penekanan Bupati Majene ini sebagai upaya menjamin terlaksananya tertib administrasi dan tertib pengelolaan barang milik daerah. Bupati yang baru menahkodai kabupaten Majene ini tak ingin adanya aset milik daerah, malah tidak jelas peruntukannya dan tidak jelas keberadaannya.

“Saya ingin ciptakan suasana pemerintahan yang bersih. Penertiban aset ini harusnya terbangun kesamaan persepsi dan langkah secara integral serta menyeluruh dari unsur-unsur yang terkait dalam pengelolaan barang milik daerah,” kata Bupati Majene Andi Achmad Syukri di Majene, Selasa, 13/7/2021.

Andi Sukri yang juga mantan Sekda Majene ini menyoroti adanya beberapa aset daerah yang hingga kini tak jelas peruntukannya. Banyak aset yang belum terdata dengan baik, khususnya aset bergerak maupun yang tidak bergerak. Misalnya kendaraan roda dua, empat dan lain lain. Ini penting mengingat kondisi bangsa yang sedang dilandah covid-19. Tentunya, kita butuh efektivitas dan efisiensi penggunaan aset daerah.

Karena itu kata bupati mengingatkan kepada seluruh stakeholder lingkup Pemkab Majene untuk segera melakukan pendataan.

“Saya menginstruksikan kepada jajaran Inspektorat untuk menelusuri semua aset, kalau misalnya ada kendaraan yang rusak harus diperlihatkan barang yang rusak itu. Intinya semua aset dan barang harus jelas dimana keberadaannya, ” tegas Bupati.

Jika Persoalan aset daerah tidak tertangani dengan baik, maka hal ini akan menjadi sebuah masalah dikemudian hari.

Pengeloaan aset daerah kata Bupati Majene, itu jelas payung hukumnya jelas dan tidak dipisahkan sebagaimana yang diatur dalam beberapa peraturan perundang- undangan, yaitu UU Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara dan UU Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara, dan pelaksanaannya diatur dalam PP Nomor 6 Tahun 2006 tentang Pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here