Bupati Majene: Sukseskan Pagelaran Budaya Messawe Sayyang Pattu’du

47

Majene,Lensakhatulistiwa.Com-Bupati Majene Andi Achmad Syukri pimpin kegiatan sosialisasi Pagelaran Budaya Messawe Sayyang Pattu’du yang dilaksanakan di ruang pola kantor Bupati Majene, Senin 8 Agustus 2022.

Event akbar tersebut dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Majene dalam rangka menyambut serta memeriahkan Hari Jadi Majene 477 tahun dan Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 77 tahun.

Rencananya, pagelaran tersebut akan menggunakan 93 ekor kuda dan 35 bendi (Dokar). Para pessawe nantinya terdiri dari Bupati, Wabup, Sekda, Camat, Lurah dan Kades.

Sementara untuk kendaraan tradisional bendi akan di isi Ketua TP-PKK Majene, Ibu Wakil Bupati dan ketua DWP Kab Majene serta para pimpinan OPD. Selain itu melibatkan ratusan orang pendukung acara seperti parrawana, pakkalindaqdaq, pesarung dan pembawa payung.

Kadispora Majene Rustam Rauf mengatakan pagelaran tersebut bukan bersifat lomba, sehingga jika adanya persyaratan teknis semisal kostum dan lainnya merupakan bagian dari upaya untuk melestarikan budaya ini dengan baik.

“Pagelaran ini sebagai upaya kita mengembangbiakan eksistensi budaya tanah mandar,” ujarnya.

Bupati Majene Andi Achmad Syukri berharap pagelaran tersebut seluruh pihak berkomitmen untuk menyukseskan pagelaran.

“Kita laksanakan ini setelah melihat dan mengikuti beberapa kegiatan di Kecamatan. Saya minta partisipasinya dan keseriusannya satu kuda satu desa, kita sukseskan kegiatan ini sama sama,” katanya.

Hal senada juga disampaikan Sekda Majene Ardiansyah menurutnya pagelaran budaya messawe merupakan bentuk kesyukuran kita, sehingga patut untuk kita berpartisipasi.

“Mudah-mudahan pagelaran ini bisa berjalan sesuai dengan rohnya. Bermanfaat khususnya dalam menguatkan kebudayaan di tanah mandar,” jelasnya, Ardiansyah.

Turut hadir dalam rapat sosialisasi tersebut Staf Ahli, Asisten Setda, Pimpinan OPD, para Camat dan Lurah.(srl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here