Bupati Paparkan Misi Dalam Pilkada

92

Majene, LensaKhatulistiwa.com – Bupati Majene Andi Achmad Syukri Tammalele (Ast) memaparkan beberapa misi pembangunan yang dicanangkan pada masa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 lalu.

Beberapa misi ini, dipaparkan pada Bimbingan Teknis (Bimtek) Pendampingan Penyusunan Renstra Perangkat Daerah dan Orientasi Sistem Akuntabilitas Perangkat Daerah Pemkab Majene, di Hotel Four Point By Sheraton Makassar, Sabtu (02/10/21).

Ia menguraikan, terdapat 4 misi yang dicanangkan sebagai transformasi dan 7 misi yang dicanangkan pada masa Pilkada serentak pada 2020, yakni misi pertama mewujudkan masyarakat Majene yang unggul dan kompetitif. “Ini merupakan transformasi dari misi sejahtera pada masa Pilkada,” ujarnya.

Untuk misi kedua lanjutnya, meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui pemerintahan yang modern dan akuntabel, yang merupakan transformasi dari misi terarah, responsif dan inovatif pada masa pilkada.

“Ketiga, mewujudkan kemandirian perekonomian daerah berbasis sumber daya alam dan pembangunan infrastruktur berwawasan lingkungan, yang merupakan transformasi dari misi agromarine dan sustainable pada masa pilkada,” urainya.

Yang keempat sambung Ast, mewujudkan masyarakat Majene yang berbudaya dan berkearifan lokal, yang merupakan transformasi dari misi aman pada masa pilkada.

“Dalam rangka pelaksanaan kegiatan kita, maka saya bersama Wakil Bupati Majene menekankan beberapa hal, yaitu mengharapkan kepada seluruh Pimpinan OPD agar mengerti dan memahami visi dan misi serta program pembangunan yang akan diwujudkan pada tahun mendatang dan kemudian menjabarkan dalam Renstra Perangkat Daerah,” pintanya.

Ia mengatakan, agar Renstra OPD bersinergi dan tidak keluar dari bingkai visi Majene Unggul, Mandiri dan Religius (UMR) bukan hanya copy paste dengan renstra sebelumnya. “Renstra perangkat daerah lebih terpola dan terarah, punya sasaran dan tujuan yang konkret menyentuh substansi kebutuhan masyarakat luas, serta fokus pada penanganan permasalahan mendesak di masa yang akan datang,” terangnya.

Ia menekankan, harus terdapat lompatan dan peningkatan capaian pembangunan selama periode pemerintahan Bupati dan Wakil Bupati Majene saat ini. “Saya juga instruksikan kepada Bapeda dan Balitbang untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja dari seluruh OPD. Dan kita akan menerapkan sistem reward dan punishment kepada seluruh Pimpinan OPD yang serius membantu pencapaian visi Bupati bersama Wakil Bupati Majene,” pungkasnya.

Ast menuturkan, arah pengembangan Kabupaten Majene yang dicanangkan yaitu Mewujudkan Majene UMR dengan Tagline Majene Rumah Kita untuk perubahan Majene yang lebih baik.

“Misi yang kita dicanangkan ini diharapkan tidak hanya menjadi slogan semata tetapi diharapkan dapat dimaknai secara mendalam akan menjadi spirit dan roh penyelenggaraan program pembangunan ke depan. Dan semangat ini kami harapkan tidak hanya kepada unsur penyelenggara Pemerintah Daerah, tetapi juga diharapkan menjadi spirit dan motivasi kerja kepada seluruh elemen masyarakat,” harapnya.

Pelaksana Kegiatan juga Kepala Bapeda Majene Hj. Andi Adlina Basharoe melaporkan, maksud terselenggaranya bimtek Pendampingan Penyusunan Renstra Perangkat Daerah untuk memberikan pemahaman kepada para perencana di setiap perangkat daerah dalam menyusun renstra serta memahami arti pentingnya kontribusi dokumen perencanaan sebagai acuan dalam menjalankan fungsi pemerintahan.

“Melalui kegiatan ini, untuk penyamakan persepsi dalam penyusunan dokumen Renstra perangkat daerah 2021-2026, Orientasi awal terhadap Rancangan RPJMD Kabupaten Majene 2021-2026, Penyamaan persepsi terhadap bagaimana membangun arsitektur kinerja yang terintegrasi dan komprehensif,” urainya.

Ia menambahkan, untuk metode pelaksanaan, adalah penyampaian materi narasumber dari Pusat Pengembangan Kebijakan Pembangunan (P2KP) Unhas Makassar Dr.Agussalim dan Penyampaian materi melalui Zoom Meeting Narasumber dari Kementerian Pengembangan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Canggih Hangga Wicaksono, SST.

“Acara dilaksanakan mulai Jumat 1 sampai Minggu 3 Oktober 2021 dan dibuka secara resmi oleh Bupati Majene. Dalam kegiatan ini dilakukan sesi tanya jawab dan diskusi, dihadiri Pj. Sekda Majene, Pimpinan OPD, Camat, Kabag. Setda dan para Kasubag dan Perencana.(Abr)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here