Bupati Programkan Shalat Subuh Berjama’ah

85

LensaKhatulistiwa.com, Majene – Sebagai negara yang religius, Indonesia memiliki Pancasila sebagai dasar negara dan simbol pemersatu bangsa yang sangat plural ini.

Sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa menjadi dasar penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara serta mengilhami empat sila lainnya sebagai cita-cita bangsa dan negara Indonesia.

Untuk itu, umat beragama diharapkan dapat mengejawantahkan nilai-nilai religius di setiap agama sesuai nilai-nilai universal sila Ketuhanan Yang Maha Esa dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Selain memiliki pengetahuan akan agama dan kepercayaan yang diyakininya, umat beragama diharapkan pula dapat menerapkan nilai-nilai agama dan kepercayaannya dalam kehidupan ini.

Kegiatan religius dibuktikan Bupati Majene Andi Achmad Syukri Tammalele (Ast) yang juga merupakan salah satu dari tiga visi misinya, yaitu Majene unggul, Majene Mandiri, Majene religius dengan tagline “Majene Rumah Kita” sebelum menakhodai roda Pemerintahan di Bumi Assamalewuang bersama Wakil Bupati Majene Arismunandar.

Sebagai upaya mewujudkan visi Majene Religius, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majene telah memprogramkan pelaksanaan Shalat Subuh secara berjamaah dengan melibatkan para Pimpinan OPD jajaran Pemkab Majene.

“Sholat Subuh berjamaah dilaksanakan setiap Jumat dengan menjadwalkan di dua Kecamatan, yaitu Kecamatan Banggae dan Banggae Timur. Sesuai dengan surat keputusan yang di keluarkan Bupati Majene pada 10 Agustus 2021, sekitar 32 Masjid yang menjadi lokasi pelaksanaan,” tutur Kasubag Protokoler Humas Setda Majene Sufyan Ilbas, Jumat (13/08/21).

Terpisah, Bupati Majene Ast mengatakan, untuk pelaksanaan perdana Shalat Subuh secara berjamaah juga dihadiri Anggota DPRD Sulbar Kalma Katta serta para pejabat OPD, di Masjid Agung Ilaikhal Mashir Majene.

“Kita harapkan agar pelaksanaan Sholat Subuh berjamaah rutin dihadiri, terutama OPD sebagai penanggungjawab. Karena ini salah satu program Majene religius itu. Selain Sholat Subuh berjamaah setiap Jumat, ada juga kegiatan barasanji di Rujab Bupati Majene setiap malam Jumat,” ucapnya.(Srl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here