Ciptakan Kesadaran Berkendara dan Protokol Kesehatan

46

Satlantas Terus Edukasi Masyarakat

Majene, LensaKhatulistiwa.com – Sesuai instruksi pusat, operasi terpusat dengan sandi zebra mengedepankan tindakan persuasif, simpatik dan humanis.

Tindakan ini tentu tanpa sebab dimana penerapan pola saat ini lebih diyakini dapat menarik simpati masyarakat untuk lebih patuh berkendara maupun disiplin protokol kesehatan.

“Kami dari Satuan Lalu Lintas lebih fokus pada imbauan, edukasi tertib berkendara dan disiplin protokol Kesehatan kepada para pengguna jalan,” ujar Kasat Lantas Polres Majene Iptu I Gede Yoga, Selasa (16/11/2021).

Ia menegaskan, para pengendara tidak boleh seenaknya berkendara, tetap harus memperhatikan kelengkapan dan keselamatan saat berlalu lintas.

“Terdapat poin keempat dalam amanat serentak operasi Zebra, yaitu penindakan boleh tetap dilakukan jika pengendara dinilai berpotensi menyebabkan kecelakaan,” terangnya.

I Gede Yoga mengimbau, kepada seluruh pengendara agar memperhatikan kelengkapan fisik dan surat kendaraan, seperti SIM, STNK, TNKB dan tentu kenakan helm serta tetap patuhi protokol kesehatan.

Pantau di lapangan, pelaksanaan operasi Zebra hari pertama menyasar pada tempat-tempat kerumunan atau rawan pelanggaran untuk mengimbau, mengedukasi masyarakat agar lebih patuh berkendara dan disiplin protokol kesehatan.

“Kita saksikan, selain mengimbau dan mengedukasi para pengendara untuk tertib berkendara para petugas juga berbagi masker kepada pengguna jalan,” akunya.

Agar terciptanya kesadaran dari diri sendiri sambung Kasat Lantas, keselamatan di jalan adalah kebutuhan perorangan untuk menjaga diri terhindar dari kecelakaan fatal setidaknya bila menggunakan helm akan mengurangi resiko yang tidak diinginkan.

“Upaya tertib berlalu lintas itu berlaku setiap saat, tidak hanya pada saat ada operasi saja. Intinya Operasi Zebra tahun ini untuk mengajak masyarakat lebih patuh berkendara dan disiplin protokol kesehatan guna mendukung percepatan penanganan Covid-19,” pungkasnya.(Ahi)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here