Desa BTP Potensi Pengembangan Tanaman Porang Dan SBW

77

Majene,LensaKhatulistiwa.Com– Desa Buttu Pamboang (BTP),Kecamatan Pamboang, Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat langsung melakukan transformasi pada sektor pertanian dan peternakan seperti pengembangan tanaman porang dan sarang burung walet (SBW).

Pengembangan tanaman porang dan sarang burung walet adalah sebuah komoditi yang beberapa bulan terakhir ini menjadi perbincangan dikalangan petani dan pengusaha. Pasalnya kedua komoditi itu laris pesat dipasaran dalam negri hingga luar negri.

Tanaman porang dan sarang burung walet adalah komoditi yang sekarang menjadi primadona di Kementrian Pertanian Indonesia. Hal itu dibuktikan dengan instruksi Mentri Pertanian Republik Indonesia Bapak Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Petani dan pengusaha tanaman porang dan sarang burung walet diminta agar terus melakukan pengembangan secara besar-besaran. Sesuai dengan data yang ada di Kementrian Pertanian, ada 23 negara yang membutuhkan umbi Porang dan SBW termasuk Cina dan Vietnam.

Saat ini, Mentri Pertanian Bapak Syahrul Yasin Limpo melakukan ajakan kepada seluruh pemangku agribisnis untuk melakukan gerakan bersama meningkatkan ekspor pertanian tiga kali lipat (GRATIEKS). Inilah sebuah pembuktian bahwa kebutuhan ekspor hasil bumi kita masih perlu ditingkatkan termasuk porang dan SBW.

Hal demikian, mendapatkan tanggapan serius dari Desa Buttu Pamboang dibawah komando Drs. Usman yang juga kepala Desa BTP.

Menurutnya, Desa BTP memiliki potensi tersendiri perihal tanaman porang dan sarang burung walet. Apalagi saat ini, masih banyak lahan tidur diDesa kami yang belum terjamak serta banyaknya gedung-gedung walet milik masyarakat disana.

Melihat potensi tersebut, saya sebagai kepala Desa BTP bertekad dan optimis bahwa diDesa kami akan konsisten untuk terus mendorong masyarakat melakukan pengembangan secara besar-besaran untuk komoditi primadona tersebut,katanya.

Lanjut Kepala Desa BTP, salah satu bukti keseriusan kami dalam menanggapi instruksi Bapak Syahrul Yasin Limpo untuk mendukung program Gratieks (Merdeka Ekspor). Selaku kepala Desa BTP saya berinisiatif untuk meminta kepada PT. Bumi Cora Inti Sejahtera menjadi pemateri sekaligus provider khusus tanaman Porang untuk melakukan sosialisasi buat masyarakat Petani BTP, tutupnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here