Di Tutar, SDK Berkomitmen Bangun Infrastruktur

693

TUTAR – LK, “Saya datang, tidak dengan membawa janji kepada masyarakat di sini. Hanya ingin bersilaturrahmi sekaligus ingin tahu seperti apa kondisi sesungguhnya masyarakat yang ada di Kecamatan Tutar ini,”. Hal itu ditegaskan kandidat calon Gubernur Sulwesi Barat, Suhardi Duka (SDK) dalam kunjungannya ke kecamatan Tubbi Taramanu (Tutar) Polewali Mandar, kemarin.

Dalam lawatannya di wilayah pegunungan di Polewali Mandar tersebut, SDK sekaligus diundang untuk menghadiri acara buka puasa bersama yang digelar di kediaman salah satu tokoh masyarakat Tutar.

Pada kesempata itu, SDK menegaskan, kedatangannya bukan untuk mengumbar janji kepada masyarakat. Ia menyebut, infrastruktur adalah poin utama yang harus diselesaikan khususnya di Tutar.

“Saya datang murni untuk bersilaturrahmi dengan masyarakat di sini, selain untuk semakin mendalami kondisi nyata di Tutar ini. Untuk itu, saya berkomitmen untuk menyelesaikan persoalan infrastruktur di sini,” sebut SDK kala itu.

Akses transportasi menuju wilayah Tutar memang jauh dari kata layak. Jalan berlubang hingga batu cadas menjadi pemandangan biasa bagi setiap pengguna jalan di sepanjang akses ke wilayah Tutar. Parahnya, kondisi tersebut telah terjadi selama beberapa tahun belakangan.

“Pembangunan infrastrktur adalah hal yang paling pertama yang ingin saya lakukan jika Insya Allah diberi amanah memimpin daerah ini. Kemudian hal penting kedua ialah bagaimana jaminan pendidikan bagi seluruh anak di Sulbar bisa kita penuhi. Serta sektor kesehatan, yang menjaminkan kesehatan masyarakat di Sulbar. Layanan kesehatan tak boleh terkendela hanya karena persoalan biaya,” sambungnya.

Khusus di Tutar, Ketua DPD Demokrat Sulawesi Barat itu menjelaskan, butuh keseriusan pemerintah untuk menyelesaikan persoalan infrastruktur khususnya akses jalan di Tutar. Menurutnya, kehadiran pemerintah berupa lahirnya kebijakan-kebijakan pro rakyat sesungguhnya bisa menuntaskan permasalahan tersebut.

“Menurut saya, untuk mencapai cita-cita kesejahteraan rakyat, maka yang harus kita sentuh lebih awal itu ialah sektor infrastruktur. Jalan, jembatan atau fasilitas umum lainnya. Kalau di Tutar ini, saya tidak akan berjanji. Tapi saya berkomitmen, jika nanti saya terpilih, maka persoalan jalan di sini bisa kita selesaikan. Tapi tentunya tidak secara sekaligus. Mungkin pemerintah bisa menganggarkan perbaikan jalan di sini secara bertahap, saya berfikir dalam jangka waktu 3 atau 4 Tahun, jalan menuju Tutar ini sudah bagus,” kata SDK.

Ratusan masyarakat Tutar terlihat hadir pada acara buka puasa bersama tersebut. Dalam lawatannya hari itu, SDK turut didampingi Ketua DPRD Sulawesi Barat, A Mappangara, Ketua Komisi I DPRD Sulawesi Barat, Syamsul Samad, serta sejumlah pengurus DPD Demokrat Sulawesi Barat lainnya. (AL)