Disperindakkop Sulbar, Sebut UMKM merupakan Pilar Utama Penopang Ekonomi Kerakyatan

774

Mamuju-LK, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan ,UMKM dan Koperasi, Provinsi Sulbar. Suharnati, menyebut Usaha Mikro Kecil Menenga adalah Penopang Kuat Ekonomi Kerakyatan baik di Nasional Maupun Daerah. Hal ini ia utarakan saat menerima kunjungan kerja Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulbar Hamzah Hapati Hasan yang akrab di sapa H4. Jumat 12/2, siang tadi.

Untuk itu dirinya mengatakan, pemberdayaan para pelaku UMKM, dalam hal peningkatan kualitas produk adalah tugas utama untuk kita wujudkan. Apalagi hal ini merupakan instruksi langsung Gubernur dan juga Ketua DPRD Sulbar, yang saat itu di jabat Hamza Patihasan.

” Salah satu sampel produk industri rumahan yang di kemas apa adanya saat ini, memang masih belum bisa bersaing di pasaran, sehingga hal inilah yang menjadi tugas kami untuk membina para pelaku UMKM kita agar ┬ábisa membuat produk yang bisa bersaing dipasaran maupun memiliki nilai jual yang tinggi,” ungkap Suharnati Kadis Perindakkop Sulbar diruang kerjanya.

Dirinya menuturkan bentuk pembinaan kepada para UMKM kita kelak bukan hanya sebatas permodalan semata namun juga sampai pada pembuatan produk yang mereka hasilkan,

“Saat ini produk usaha rumahan kita masih sangat sederhana, contoh kemasan kripik ini, padahal apabila dikemas lebih baik, tentu akan memiliki nilai tambah dan juga bisa bersaing di pasaran” tegas Wanita yang setiap harinya menggunakan krudung dalam beraktifitas.

Padahal menurutnya bahan baku untuk usaha rumahan di daerah ini cukup melimpah, sehingga untuk menggeluti usaha tersebut tidak perlu mengeluarkan kos anggaran yang besar.

Ia juga menjelaskan bahwa salah satu program yang telah adan akan kita lakukan saat ini yaitu program Jaripas,” Untuk program Jaripas ini kami sudah melatih kurang lebih seribu UMKM kita, melalui program PUD Unggulan Daerah Melalui Program Zona Industri Daerah Perdesaan,(PUD-Polipep) ” tuturnya. (AND)