DPRD Mamuju Evaluasi Organisasi Prangkat Daerah Terkait PAD

345

Mamuju-LK, DPRD Kabupaten Mamuju menggelar rapat pembahasan evaluasi Anggaran Pendapatan Daerah pada tahun 2017 di lantai II Kantor DPRD Mamuju, Rabu, (14/6/2017). Menurut Ketua DPRD Mamuju Siti Suraidah Suhardi, rapat tersebut merupakan evaluasi pendapatan daerah terhadap OPD yang ada di lingkup pemerintah Kabupaten Mamuju.

“Pertemuan ini pertemuan yang kedua kalinya sebagai tindak lanjut dari pertemuan pertama. Rapat ini sebagai bentuk mengevaluasi kepada semua OPD- OPD yang ada, terkait besaran pengeluaran yang dilakukan serta pemasukan dilakukan dan seperti apa kendala yang dialaminya,” ungkap Suraidah saat membuka rapat.

Disaat yang samà, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Yusri Muis menyampaikan, bahwa beberapa waktu yang lalu, Badan Pemeriksa Keuangan Provinsi (BPK-P) telah melakukan audit di Bapenda, dan hasilnya belum mencapai secara maksimal.

“Para OPD belum maksimal PADnya, karena capaian PADnya berdasarkan tahun yang lalu, bukan berdasarkan potensi hasil PAD itu sendiri,”ujarnya.

Lanjut Yusri Muis, bahwa dalam mengenjot pendapatan asli daerah, pihaknya telah membentuk satuan tugas (Satgas). Ia menyampaikan, sebelum diberlakukan Satgas, hanya sebahagian kecil PAD yang bisa diperoleh.

“Baru-baru ini kita jalankan tiga Perda yaitu Perda masalah pajak hotel, pajak rumah makan, dan pajak hiburan, dan Alhamdulillah hasilnya menggembirakan. Setelah kita turun hasilnya bukan lagi seratus persen namun, 2000 persen. Sebelumnya di bentuk hanya beberapa yang masuk sekitar 100 ribu satu hari setelah dibentuk satgas dalam satu hari sudah menyetor 200 ribu perhari,”ujarnya.

Adapun yang hadir dalam rapat tersebut Ketua DPRD Mamuju Siti Suraidah Suhardi, Wakil Ketua DPRD Mamuju Sugianto, anggota DPRD dari partai Nasdem, Malik Ballako, dari Partai PKS Syamsuddin, dari Partai Demokrat Ramliati S, Malio Mahyuddin Abdullah, Febrianto dari Partai Hanura Ahmad Iksan Syarif serta Sekertaris Bappeda Mamuju Kepala OPD Kesehatan, Kepala OPD Pariwisata, Dirut Rumah Sakit Mamuju, Kepala Bapenda Mamuju, Sekertaris OPD UKM Koperasi dan Perindustrian Mamuju. (Mul)