IJS SULBAR SIKAPI AKSI TEROR TERHADAP WARTAWAN

289

Mamuju, LK- Ikatan Jurnalis Sulawesi Barat (IJS) ikut menyikapi aksi teror terhadap wartawan Fokus7.com, Arwin yang dilakukan oleh oknum tak dikenal yang terjadi dikediaman korban di kawasan terminal Simbuang, Mamuju sekitar pukul 01.00 wita, Minggu, (26/11).

Pelaku teror terhadap wartawan inj menyerang korban dengan cara melemparkan batu. Beruntung, lemparan batu nyaris menghujani kepala korban itu hanya mengenai dinding rumahnya.

“Sepanjang teror itu berkaitan dengan kegiatan jurnalis maka IJS akan mengawal masalah ini. Saya menyarankan agar saudara Arwin segera melapor ke aparat hukum, ” kata Ketua IJS, Irham Azis di sekretariat IJS di Mamuju.

Irham menyampaikan, ancaman teror ini jelas erat kaitannya dengan pemberitaan. Namun hal itu bisa disimpulkan setelah aparat hukum kepolisian melakukan penyelidikan atas kasus ini.

Karena itu, teman -teman pers untuk tetap waspada dan mengedepankan kode etik pers dalam menjalankan tugasnya. Sepanjang Pers mengikuti rambu-rambu maka tak perlu khawatir dalam menghadapi segala bentuk ancaman.

Hal senada dikemukakan Ketua Dewan Etik IJS, Acho Antara bahwa teror yang menimpa jurnalis ini menjadi keprihatinan karena masih saja ada upaya pembungkaman terhapap Pers.

Ia mengatakan, jika benar teror wartawan ini berkaitan dengan pemberitaan maka lembaga IJS akan bergerak cepat untuk membawa kasus ini kerana hukum.

“Eksitensi IJS tak perlu diragukan lagi dalam mengawal kasus ini karena memang kami konsen menyikapi segala kasus-kasus kekerasan pers, ” katanya.