Ini Penjelasan Perusahan Sawit Terkait Penetapan Indeks K

1456

Mamuju – LK, Penetapan Indeks K dan Harga Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa sawit di bulan ini sedikit berbeda dari biasanya hal ini terjadi tak kala ketua komisi II, DPRD Provinsi Sulbar, Abd Ajbar yang meminta penjelasan terkait penetapan Harga Indeks K. Di bulan ini. Oleh Tim Penetapan sawit.

Dalam penjelasan beberapa Perwakilan Perusahaan Sawit Yang beroprasi di wilayah Provinsi Sulbar, Seperti PT. Unggul WTL, PT Letawa, PT. Pasangkayu, PT. Surya Raya Lestari, PT. Manakarra Unggul Lestara.

Menurut Salah Satu Perwakilan PT Surya Raya Lestari Wawan Setiawan. Dalam penjelasanya mengatakan bahwa petenapan indeks K Yang dilakukan oleh perusahaan kami, PT Surya Raya Lestari, berdasarkan beberapa indikator seperti Kos Produksi dari Proses Awal sampai Produksi.

” Untuk Wilayah Indonesia Timur memang perlu diketahui memiliki kendala yang cukup banyak seperti besarnya bebeban produksi, serta perbedaan UMP. Dan beberapa hal lainya” ungkap Wawan Setiawan Perwakilan PT Surya Raya Lestari. Kamis, 3/3. Pagi tadi di baruga Srikandi Hotel.

Dirinya mengatakan perbedaan harga Indeks K didaerah kita dengan daerah lain oleh setiap perusahaan khususnya PT Surya Lestari, TBK bisa dilihat secara transparan dan terbuka” kalau kami anak Perusahaan Astra, untuk data terkait penetapan harga Indeks K bisa dilihat secara terbuka oleh siapa pun.” tuturnya.

Selain Astra, Perwakilan Manakarra Unggul Lestari. Mengatakan hal yang sama bahwa untuk penetapan Indeks K di tiap perusahaan tentunya memiliki pertimbangan serta pengkajian dalam segala hal, baik Kos Produksi, serta pengaruh Harga yang ditetapkan oleh pasar luar.” saya rasa untuk penetapan Indeks K Ditiap perusahaan tentunya pasti tak berbeda jauh dengan perusahaan lainnya, yang jelasnya kami tentu tak akan memberatkan para petani disulbar dalam menetapkan Indeks K.” Katanya.

Perlu diketahui bahwa untuk bulan ini Penetapan Indeks K Kelapa Sawit, di sulbar  Untuk PT Unggul WTL sebesar 70,87 persen, untuk PT,Letawa 70,92 persen, PT. Pasangkayu, 70,82 persen, PT Surya Raya Lestari 70,89 persen, PT. Manakarra Unggul Lestari 70,79 persen. Dan untuk Penetapan Indeks K bulan ini yang ditetapkan secara resmi oleh pemerintah Sulbar sebesar. 70,99 persen . (AND)