Jelang Pelantikan Tiga Bupati Di Sulbar, SDK Berbagi Pengalaman Kepemimpinan

993

Mamuju – LK, Berdasarkan keputusan Mendagri RI terkait pelantikan Kepala Daerah, Besok, Rabu (17/02) akan menjadi hari yang bersejarah bagi Bupati dan Wakil Bupati terpilih di tiga Kabupaten di Sulawesi Barat.

Tiga Kepala Daerah yang akan dilantik antara lain, Habsi Wahid dan Irwan Pababari di Mamuju, Aras Tammauni dan Amin Jasa di Mamuju Tengah serta Agus Ambo Jiwa dan H Saal di Mamuju Utara.

Rencananya, Gubernur Sulawesi Barat, Anwar Adnan Saleh bakal melantik ketiga pasang Bupati dan Wakil Bupati terpilih itu secara serentak di
Auditorium Lantai IV kantor Gubernur.

Bupati Mamuju dua periode, Suhardi Duka (SDK) mencoba membagi pengalamannya soal apa dan seperti apa metode yang ideal dalam memimpin suatu daerah.

“Nanti, jika ada rakyat ingin ketemu pemimpinnya, jangan dipersulit oleh protokol yang ketat. Pemimpin juga harus tegas jangan asal berjanji kemudian dilupakan,” saran SDK, saat ditemui di kediaman pribadinya, Selasa (16/02).

Ketua DPD Demokrat Sulawesi Barat itu menjelaskan, seorang kepala daerah harus mampu menjelaskan apa yang akan dilakukan dan masalah yang dihadapi oleh daerah.

“Jangan manjakan rakyat dengan program yang menimbulkan ketergantungan. Tapi carikan jalan agar rakyat dapat keluar dari persoalannya. Jadilah pemimpin problem solver,” Ujarnya.

“Tak ada pemimpin yang sempurna. Olehnya itu rakyat juga harus pahami keterbatasan pemimpinnya. Bupati dan wakilnya bukan superman yang bisa menyelesaikan masalah hanya dalam satu malam. Tapi dibutuhkan waktu
dan kesabaran agar setiap masalah dapat diatasi secara bertahap,” Pungkasnya. (AL)