Jika Terjadi Permasalahan Program Cetak Sawah Harus Di Proses Hukum

889

Mamuju – LK, Ditemui disela-sela menghadiri rapat penetapan Indeks K dan Harga TBS Sulbar di Srikandi Hotel Mamuju, Ajbar mengatakan, terkait adanya program cetak sawah yang tidak berhasil kemudian dilakukan program lanjutan maka harus ditinjau ulang.

Menurutnya, program cetak sawah dalam sebuah wilayah bisa dilanjutkan ketika dinilai berhasil akan tetapi jika terjadi kegagalan harus diperiksa ulang letak kegagalannya dimana, jangan sampai didalamnya ada kejanggalan yang melanggar aturan.

“Jika benar bahwa ada cetak sawah yang gagal kemudian didalamnya terdapat pelanggaran hukum maka haru di proses hukum sebab hal seperti itu tidak boleh dibiarkan begitu saja, harus ada tindakan tegas,” Ujarnya.

Ia menambahkan, inti dari keberhasilan sebuah program salah satunya terletak pada perencanaan awal termasuk program cetak sawah. Menurutnya, jika sebuah wilayah memang tidak layak dijadikan sawah maka jangan diberikan sebab ujung-ujungnya akan merepotkan kembali pemerintah.

“Di Sulbar ini sangat banyak wilayah yang bisa dijadikan sawah, jadi jika ada wilayah tidak layak program cetak sawah misalnya karena faktor sumber irigasi yang tidak ada, saran saya jangan dipaksakan sebab ujungnya akan berpulang kembali ke pemerintah contohnya karena kekeringan maka dibuatkan lagi pompanisasi,” Tutupnya.(AL)