Ketua Bpd Tumbu Gagas Forum Bpd Mateng

716

Mamuju Tengah – LK, Untuk memperlihatkan eksistensi Bpd di Kabupaten Mateng di mata Pemkab Mateng maka, perlu di bentuk segera Forum Bpd Mateng.

Ketua Bpd Tumbu Mustaming menilai, selama ini peran Bpd di Mateng tidak ubahnya hanya sebagai pelengkap dari Pemdes di Mateng sebab menurutnya Bpd selama ini tidak mendapat peran dalam urusan pemerintahan.

” Saya menilai selama ini Bpd hanya dijadikan sebagai pelengkap dari Pemdes yang ada di Mateng sehingga perlu ada wadah yang di bentuk pada tingkat Kabupaten untuk dijadikan medium koordinasi seluruh anggota Bpd yang ada di Mateng,” Katanya.

Dikatakannya bahwa, terutama pada tingkat Pemkab, sama sekali peranan Bpd tidak di pandang, sementara sejatinya Bpd adalah mitra dari Pemdes sebagaimana yang tertuang dalam UU perdesaan.

” Sejatinya Bpd berdasarkan UU Perdesaan, merupakan mitra dari pemdes sehingga apapun yang akan menjadi kebijakan dalam pemerintah desa seyogyanya harus melibatkan Bpd termasuk yang berkaitan dengan sistem koordinasi ke Pemkab,” Jelasnya.

Ia juga mengatakan, jika peran Bpd hanya dipandang sebagai pelengkap dari Pemdes maka, menurut hemat saya, untuk apa Bpd itu di bentuk kalau tidak dapat di jadikan sebagai mitra pemerintahan Desa. Pungkasnya. ( AL)