Komunitas Strik Hart : Pesan Moral Melalui Tembok

1077

Mamuju-LK, Komunitas Seni Jalanan Atau Strik Hart, yang menjadikan tembok sebagai medium untuk mencurahkan kreatifitasnya menggambar  ini, kian banyak kita temukan di sudut-sudut kota mamuju.

Komonitas yang terdiri dari puluhan pemuda ini, mengatakan medium lukisan yang mereka gambar, bukanya gambar biasa saja melainkan memiliki makna dan sarat pesan moral bagi, pengusah maupun masyarakat lainya.

Seperti yang dikatakan Edwar salah satu dari puluhan pelukis seni tembok jalanan yang di temui di jalan Kumbalolo, Kelurahan Binanga, Kecamatan Mamuju, Minggu, 13/3 Sore tadi.

Menurut Mahasiswa pasca sarjana Universitas Hasanuddin ini, menjelaskan  bahwa lukisan yang ia torehkan dinding-dinding tembok, sebenarnya bukan hanya lukisan semata, namun gambar yang kami buat memiliki pesan moral.

” Kalau gambar kali ini adalah gambar pemeran filem starwok dimana, pesan yang kami ingin tonjolkan adalah semangat kaum mudah yang jika dikelola dengan baik ia akan menjadi orang yang terdepan menjadi pondasi kekuatan besar di negara ini maupun didaerah ini kelak, seperti peran  starkwok mereka prajurit pemberani yang siap berjuang untuk daearah wilaya teritorialnya, seperti itulah kita para pemuda mereka ” terangnya Edwar.

Ia juga berharap agar kiran pemerintah daerah bisa memfasilitasi tempat untuk para seniman jalana seperti kami untuk menuangkan kreatifitas kami kearah yang positif.” Pemerintah mestinya lebih peka memfasilitasi seperti wadah seperti ini agar kedepanya para pemuda didaerah ini tidak salah dalam menyalurkan bakat dan kreativitasnya kehal yang negatif seperti pergaulan bebas dan narkoba”imbuhnya.

Dirinya juga mengatakan kedepanya  ia akan menggambar hal-ha yang mengandung makna motifasi seperti dan memiliki pesan molar seperti jagalah kebersian no narkoba dan pergaulan bebas atau gambar anti kemiskinan” Katanya. (AND)