Koperasi Wajib Laksanakan RAT

26

Majene, LensaKhatulistiwa.com – Rapat Anggota Tahunan (RAT) merupakan agenda wajib setiap badan usaha Koperasi, karena di dalamnya akan dibahas tentang pertanggungjawaban pengurus selama satu tahun kepada anggota koperasi yang bersangkutan.

Hal ini, dituturkan Kepala Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Majene Busri Kamedi, Selasa (19/10/21).

Dijelaskan, anggota merupakan pemegang kekuasaan tertinggi dalam koperasi RAT koperasi yang merupakan suatu tempat atau kondisi, dimana akan ada pembahasan tentang persoalan yang timbul dalam kegiatan koperasi, dan kemudian mencari jalan keluar penyelesaian untuk mengatasi persoalan yang ada.

“RAT memiliki fungsi untuk menetapkan anggaran dasar dan kebijakan umum organisasi, menetapkan rencana kerja, mengesahkan laporan pertanggung jawaban serta menentukan pembagian sisa hasil usaha,” urainya.

Selain itu lanjut Busri, RAT adalah salah satu tolak ukur dalam menilai apakah koperasi yang ada masih sehat atau tidak. “Sebab, koperasi yang telah melaksanakan kewajiban dalam hal pelaksanaan RAT, maka koperasi itu benar-benar koperasi yang bergerak sebagaimana fungsinya,” paparnya.

Ia mengaku, akan lebih giat melaksanakan pengayoman dan pendampingan kepada koperasi agar terus melaksanakan RAT setiap tahunnya. “Kita terus mendukung agar koperasi tetap sehat dan memenuhi kewajiban kepengurusannya,” aku Busri.(ADV)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here