Lapangan Merdeka Siap Gelar Pemainan Perdana Olahraga Gate Ball Di Sulbar

805

Mamuju-LK, Lapangan Merdeka Mamuju yang terletak di Jl Ahmad Yani, Depan Markas Kodim 1418 Mamuju, Seolah Berbeda. Rumput-rumput dilapangan tersebut di bersikan dan ditata serapi mungkin, oleh petugas pembersih rumput, spanduk dan reklame yang bertuliskan Persatuan Olahraga Gate Ball Seluruh indonesia berjejer rapi di lapangan kebanggaan warga mamuju itu.

Dari Pengamatan Wartawan Lensa Khatulistiwa, di lokasi tersebut, terlihat juga puluhan orang yang sibuk mempersiapkan kegiatan peresmian PERGATSi (Persatuan Gate Ball Seluru Indonesia) yang di awali dengan permainan Olah Raga Gate Ball, yang akan di lakukan sabtu 13, Maret, hari, oleh pengurus Nasional Persatuan Gate Ball Pusat, acara ini sekaligus memperkenalkan olah raga yang mungkin masih baru bagi warga masyarakat Sulbar Khususnya warga.

Perlu di ketahui Olahraga Gate Ball Adalah sebuah permaina yang menggunakan pemukul (stik) yang dimainkan oleh dua orang tim yang saling berhadapan. Setiap tim berdiri 5 pemain dengan 5 bola, tim pertama menggunakan bola berwarna merah, dengan nomer ganjil 1,3,5,7 dan 9 sedangkan tim kedua dengan bola berwarna putih dengan nomer genap 2,4,6,8, dan 10. Dalam permainan ini tiap pemain masing masing memiliki 1 bola yang telah ditentukan . Peraturan bermain dalam olahraga ini dimana pemukulan bola dilakukan secara bergantian, dan setiap bola harus melalui 3 gawang yang berukuran lebar 22 cm, tinggi 19 cm diameter tiang gawang 1cm, secara berurutan dari arah depan dan berakir mengenai pin yang berada di tengah lapangan.

Masing-masing pemain dalam olahraga ini maksimum mencari 5 poin dan untuk memenangkan permainan ini setiap tim Maksimal mencapai 25 poin. Waktu permainan dalam olahraga Gate Ball paling lama 30 menit atau dinyatakan selesai sebelum 30 menit, apabila salah satu tim telah mendapatkan nilai sempurna sebanyak 25 maka pertandingan dinyatakan selesai.

Olahraga Gate Ball ini di cetuskan pertamakali ole Eiji Suzuki Pada Tahun 1945 di Hokkaida-jepang yang merupakan modifikasi permainan “Croquet” yang telah meyebar di 5 benua. Organiasis pusat Olahraga ini bernama Wold Geteball Union (WGU) berpusat di Tokyo. Gateball masuk pertama di indonesia melalui Bali ditahun 1994 dan kini sudah menyebar, ke Depok, DKI, Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten, Bangka Belitung, Jambi, Sulawesi Tangah dan saat ini Di Perkenalkan Di Provinsi Sulbar. (AND)