Mamuju Harus Punya Pabrik Kakao

620

Mamuju – LK, Saat memimpin Rapat Koordinasi Forum Koordinasi Petani Kakao di Aula Kantor Dinas Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Mamuju, Kadis Perkebunan dan Kehutanan Kab Mamuju Jalaluddin Duka, S.Sos, M.Si mengatakan Mamuju harus punya pabrik kakao tersendiri.

Dia menuturkan, Kendala Penerimaan Pajak yang bersumber dari Kakao tidak bisa dilakukan sebab selama ini Kabupaten Mamuju hanya mengirim hasil Kakao keluar daerah dalam bentuk bahan baku.

” Kendala kita selama ini karena, kita mengirim hasil Kakao kita ke Surabaya dan beberapa tempat pemasaran lainnya dalam bentuk biji sehingga, mereka yang memperoleh PAD, sementara kita tidak mendapatkan apa – apa,” Terangnya.

Untuk itu lanjutnya, kedepan kita berharap pemerintah Kabupaten Mamuju mampu membangun Pabrik Kakao sehingga kita dapat mendapatkan penerimaan pajak dari sektor Kakao.

Kita juga berharap, dengan adanya pabrik Kakao di Kabupaten Mamuju, juga akan meningkatkan kesejahteraan petani kita karena, tentunya harga Kakao akan semakin meningkat di kalangan petani Kakao kita.

“Untuk menunjang terwujudnya keberadaan pabrik tersebut, tentunya kita harus punya pasokan listrik yang cukup. Dan salah satu kendala yang kita alami saat sekarang adalah, kurangnya pasokan listrik di Kabupaten Mamuju,”. Pungkasnya.(AL).