Mencari Selembar Rupia Di Usia Senja

565

Mumuju-LK, Masa tua tak Membuat Indo Jurmia 85 Tahun, yang tinggal di Jl. Padang Baka, Belakang Kantor Discapil Kabupaten Mamuju. Harus berdiam diri. Baginya diusianya yang tua, ia mesti bekerja membanting tulang, berjalan puluhan kilo meter menyusuri pelataran jalan di kota Mamuju, dengan menjajakan buah lansat miliknya kepada warga di kolom langit kota Manakarra. Ia lakoni dengan penuh kesabaran.

Menurut Jurmia 85 tahun, pekerjaan menjual buah-buahan ┬átelah ia lakoni puluhan tahun yang lalu.”Saya biasa menjual buah-buahan pak mulai dari, buah langsat, buah durian dan juga rambutan, karna saat ini buah langsat lagi musim,maka buah ini yang saya jual. ” katanya, saat menjajakan buah langsat kepada pembeli Minggu, 21/2 Pagi tadi.

dia mengatakan mesti harus memikul beban berat di pundaknya sehari-hari, hal ini ia lakukan untuk tetap ┬ámembuat asap dapur rumahnya terus mengepul.” kalau tidak begini siap yang akan memberikan saya makan, olehnya itu, saya akan terus berjualan pak ” terangnya.

Menurutnya dengan jual lansat, ia dapat menghasilkan uang perharinya, sebesar 50 sampai 100 ribu rupiah. Mesti begitu menurut Jumria hasil tersebut masih harus di bagi dua lagi sama yang punya buah langsat. ” saya hanya mengambil dari kebun tetangga, hasilnya kami bagi dua” tutur Jumria Nenek Penjual Langsat berusia Lanjut ini.

Jumria Mengatakan walaupun dengan penghasilan yang sedikit itu, ia bersyukur karna masih di berikan kesehatan dan tenaga untuk berjualan langsat oleh Yang Maha Esa,”Saya akan terus berjualan buah-buahan sampai saya sudah tak kuat lagi untuk berjalan menjajakan dagangan saya kepada warga mamuju”. Teranya.

Semangat Jumria yang pantang menyerah, membuat kita layak memberi Apresiasi besar kepada Nenek berusia 85 tahun ini, semangatnya untuk terus berjuang demi melanjutkan hidup, bak Oasse yang bisa kita jadikan contoh, bahwa umur tak menjadi hambatan untuk orang terus berjuang demi melanjutkan perjalanan hidup sampai sang halik memanggil kita kepangkuanya.


(AND)