Mulai Hari Ini, Syamsul Samad Jadi Plt Ketua DPRD Sulawesi Barat

497

Ketua Komisi I DPRD Sulawesi Barat, Syamsul Samad dipercaya untuk menggantikan Ketua DPRD, A Mappangara. Mappangara yang berencana untuk menunaikan ibadah haji mengharuskan posisinya sebagai Ketua DPRD harus di ‘Plt-kan’.

Lantas, apa dasar hukum yang digunakan dalam penunjukkan Syamsul sebagai Plt Ketua DPRD Sulawesi Barat itu ?.

Saat dihubungi, Syamsul menjelaskan, persoalan soal siapa yang paling pas mengisi kekosoangan posisi Ketua DPRD saat A. Mappangara yang tak lain Sekretaris DPD Demokrat Sulawesi Barat itu ke ‘Tanah Suci’ telah dikonsultasikan ke Kementerian Dalam Negeri. Kepada Media Sulbar Online, Syamsul membeberkan hasil konsultasi yang telah ia dan sejumlah Anggota DPRD Sulawesi Barat telah konsultasikan tersebut.

“Penjelasan dari Kemendagri disebutkan, jika kondisinya seperti itu semuanya harus dikembalikan ke aturan yang berlaku. Dikembalikan mekanisme yang telah ditentukan,” kata Syamsul, Kamis (18/08).

Aturan yang dimaksud menurut Syamsul ialah Peraturan Pemerintah (PP) 16 Tahun 2010 tentang Pedoman Penyusunan Peraturan DPRD tentang Tata tertib DPRD.

Pasal 41 Ayat 3 dijelaskan, ‘Dalam hal salah seorang pimpinan DPRD berhalangan sementara lebih dari 30 hari, partai politik asal pimpinan DPRD yang berhalangan sementara mengusulkan kepada pimpinan DPRD salah seorang anggota DPRD yang berasal dari partai politik tersebut untuk melaksanakan tugas pimpinan DPRD yang berhalangan sementara’.

Syamsul menambahkan, hasil konsultasi itu-lah yang kemudian menjadi dasar bagi internal Partai Demokrat untuk melakukan rapat khusus dalam menentukan figur yang paling tepat menggantikan posisi A Mappangara selama yang bersangkutan menjalankan ibadah.

“Saya pun tak sempat ikut dalam rapat itu. Ternyata, hasilnya Saya dipercayakan untuk menjadi pelaksana tugas Ketua DPRD Sulbar. Sebab Pak Mappangara akan menunaikan ibadah haji,” sebutnya.

Syamsul yang juga juru bicara DPD Demokrat Sulawesi Barat itu menyebutkan, semua hasil dari proses konsultasi hingga keputusan internal Demokrat di atas telah disampaikan langsung ke Gubernur, Anwar Adnan Saleh.

“Tentang keputusan di atas juga telah kita rapatkan di internal DPRD lewat rapat pimpanan diperluas. Hasilnya juga telah kita sampaikan ke Pak Gubernur,” kata Syamsul.

“Jadi, per hari ini, saya suda memulai tugas sebagai Ketua DPRD, menggantikan sementara Pak Andi Mappangara,” tutup Syamsul Samad. (Mul)