Para Menteri Ekonomi ASEAN Sambut Baik Pembentukan ASEAN-US Connect

798

San Francisco – LK, Mendag Thomas bersama USTR Ambassador Froman dan Menteri Perdagangan Laos Khemmani Pholsena juga memimpin pertemuan ASEAN-US Trade and Investment Framework Arrangement (TIFA) Joint Council Meeting.

Para Menteri Ekonomi ASEAN menyambut baik usulan AS dalam pembentukan ASEAN-US Connect yang bertujuan meningkatkan kerja sama ekonomi dan membangun suatu mekanisme kerja yang baik antara ASEAN dan AS.

“Kami juga mendukung pelaksanaan workshop bagi peningkatan pemahaman negara anggota ASEAN yang bukan anggota TPP (Trans-Pacific Partnership),” jelas Mendag Thomas.

Guna mengimplementasikan secara efektif ASEAN-US Connect, Thomas menyatakan para Menteri Ekonomi ASEAN juga menyambut baik pembentukan tiga hub ASEAN-US Connect di Jakarta, Singapura, dan Bangkok.

Pada akhir roadshow hari pertama, para Menteri Ekonomi ASEAN melanjutkan kegiatannya dengan mengunjungi Autodesk, City of San Francisco, yaitu sebuah perusahaan pelopor desain 3D, engineering, dan perangkat lunak hiburan digital.

Para menteri diperkenalkan kemajuan teknologi digital dalam mendesain dan membangun produk inovatif yang selama ini telah banyak dimanfaatkan AS saat membangun jembatan Bay Bridge di San Francisco. Tiongkok juga telah memanfaatkan teknologi tersebut dalam pembangunan Shanghai Tower di Tiongkok.(AL)