Pembukaan Kejuaraan Sepak Takraw Baharuddin Lopa Cup I 2021

35

Wabup Harap Majene Miliki Pemain Berbakat

Majene, LensaKhatulistiwa.com – Wakil Bupati Majene Arismunandar mengharapkan, agar di Kabupaten Majene dapat memiliki pemain sepak takraw yang berbakat, handal dan profesional.

“Kepada pihak Disdikpora maupun Pengurus Kabupaten (Pengkab) Persatuan Sepak Takraw Indonesia (PSTI) Majene untuk memantau, meneliti, mencatat pemain terbaik berbakat yang sedang berlaga,” pinta Arismunandar pada Pembukaan Kejuaraan Sepak Takraw Baharuddin Lopa Cup I 2021, di GOR Sport Centre Majene, Kamis (11/11/21).

Diungkapkan, pemain sepak takraw yang berbakat dari hasil kompetisi tentunya dapat diseleksi untuk menjadi pemain kontingen sepak takraw guna meraih kembali masa kejayaan Kabupaten Majene.

“Saya berkeyakinan dan percaya apabila pemain terbaik berbakat ini dibina dan dikelola terus-menerus, maka akan menjadi kabupaten yang memiliki kekuatan tim sepak takraw yang disegani dan mampu berprestasi,” ungkapnya.

Ia menyampaikan, agar para pemain untuk serius dalam bertanding, menjunjung tinggi sportivitas, jujur, disiplin, taat pada ketentuan dan peraturan yang berlaku agar mampu bersaing dan menjadi pemenang, sehingga dapat dibentuk menjadi generasi, yang pantang menyerah, berjiwa besar, dan mampu berkiprah membangun Kabupaten Majene.

“Saya mengajak para wasit untuk memimpin setiap pertandingan secara profesional, objektif dan menjunjung tinggi norma dan kehormatan wasit,” ajaknya.

Arismunandar mengaku, sangat optimis menyambut Baharuddin Lopa Cup I 2021, baik penyelenggaraan tingkat umum kecamatan maupun prestasi. “Inilah momen tepat dan berharga untuk menampilkan bakat, keterampilan mengolah bola, kekuatan fisik yang handal, inovasi dan kekompakan bermain dalam tim, serta prestasi dan semangat berkompetisi secara sehat, sehingga mampu manjadi pemain sepak takraw yang potensial,” bebernya.

Ia menilai, sepak bola takraw sangat penting dan patut dikembangkan semua pihak baik pelaku maupun pencinta agar Majene nantinya memiliki segudang pemain terbaik berbakat yang mampu berkiprah, tidak hanya di tingkat lokal, regional, nasional bahkan internasional.

“Saya juga mengajak, para pelatih dan pembina olahraga, untuk menjadikan momentum sebagai sarana evaluasi proses pembinaan untuk lebih baik dan berprestasi. Dan kepada pantia penyelenggara terkhusus kepada Kajari Majene selaku Ketua PSTI Majene, saya ucapkan atas pelaksanaan kompetisi ini, semoga kompetisi ini berjalan lancar dan sukses,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Ketua Umum PSTI Majene juga selaku Kajari Majene Nursurya berasumsi, bahwa di Majene adalah pencetak pemain Nasional cabang sepak takraw. “Jangan sampai zaman sekarang para generasi muda Majene tidak mengenal Putra Mandar sebagai Pendekar Hukum, Bupati Majene pertama pada 1959-1960 dan Menteri Kehakiman HAM RI ke-23, yaitu Bapak Prof. Dr. H. Baharuddin Lopa,” paparnya.

Nursurya berharap, melalui Bahariddin Lopa Cup I akan dapat mengembalikan kejayaan atau citra Kabupaten Majene dalam cabang olahraga sepak takraw mendapat julukan sebagai raja takraw di Sulsel pada era tahun 1970 hingga 1990, dimana masa itu banyak mencetak atlet bertaraf Nasional dan Internasional.

“Saya berharap agar sepak takraw ini akan menjadi ikon budaya masyarakat Mandar, karena sepak takraw telah dilakukan nenek moyang kita di tanah Mandar,” pungkasnya.

Ketua Panitia Pelaksana Asri Albar yang juga Kadisdukcapil Majene menyampaikan, kategori pertandingan dilaksanakan secara beregu putra diikuti 16 regu, doble event putri diikuti 5 regu dan beregu antar Klkecamatan diikuti 13 regu.

“Baharuddin Lopa Cup I ini, akan memperebutkan piala bergilir, piala tetap dan uang pembinaan bagi setiap juara, dengan hadiah total Rp27 juta. Dan akan berlangsung selama enam hari, mulai tanggal 11 hingga 16 November 2021,” tenangnya.

Hadir dalam pembukaan sepak takraw, Ketua DPRD Majene, Keluarga Baharuddin Lopa, Perwakilan Forkopimda Majene, Sekretaris KONI Sulbar, Para Pimpinan OPD, para Camat serta para Kepala Desa.(Ahi)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here