Pemilihan Duta Genre Majene 2021

48

PIK R Lawuaya SMAN 1 Sendana Juara Pertama

Majene, LensaKhatulistiwa.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majene menggelar Pemilihan Duta Genre (Generasi Berencana) Kabupaten Majene 2021, di Aula Tappalang LPMP Sulbar Sabtu malam (06/11/21).

Kegiatan dengan tema Mewujudkan Remaja Unggul, Sehat, Cerdas dan Ceria itu, dengan peserta 15 orang dibuka Staf Ahli Bupati Bidang Pendidikan dan Sosbud H. Mustamin, dihadiri Kepala Perwakilan BKKBN Sulbar, Kadis PP-KB, Kadisdikpora, Kepala DLHK, mewakili Kadis PP-PA, Kadisbudpar Majene serta undangan lainnya.

Dari 15 orang finalis Duta Genre Majene ini, akan memperebutkan tempat teratas untuk menjadi perwakilan Kabupaten Majene pada tingkat Provinsi Sulbar. “Dari 15 finalis ini akan diciutkan sebanyak 4 putra dan 4 putri yang berhak melangkah ke babak final,” terang Najibah Alimuddin Ketua Panitia.

Najibah menjelaskan, generasi berencana merupakan inisiatif dari Forum Genre dan Dinas PP-KB Majene dengan membuka pendaftaran secara online sejak bulan lalu. “Peserta sudah melalui sesi wawancara, baik secara daring maupun secara langsung, dan proses penilaian selama 4 hari berturut turut,” jelasnya.

Najibah menuturkan, salam genre memiliki makna yang mengangkat tiga jari tangan, yaitu Nol atau Zero pada Nikah Dini, Sex Bebas dan Napsa. “Kita berharap agar acara yang digelar ini dapat diterima dengan baik, dan permohonan maaf bila ada yang kurang berkenan,” harapnya.

Sementara, Kepala Perwakilan BKKBN Sulbar Nuryamin mengucap rasa bangga dengan Kabupaten Majene terutama kepada Dinas PP-KB dan para Duta Genre Majene. “Kita verharap agar kegiatan Pemilihan Duta Genre Majene dapat dikawal, untuk tetap bertisipasi dan mengembangkan, karena pada pundak kalianlah masa depan bangsa ini dibebankan,” pesannya.

Diungkapkan, Majene tidak akan punya arti bila para remajanya tidak bisa berbuat apa-apa. “Majene harus bangun dan terus dikembangkan, karena daya saing kita ke depan akan saling kompetisi,” paparnya.

Lebih jauh Nuryamin menguraikan, bahwa angka stunting di Sulbar saat ini masih terbilang banyak, dengan menunjukkan di angka 40,38 persen. “Inilah menjadi ke khawatiran kita semua. Salah satu penyebab stunting adalah Nikah Dini, dan disinilah peran para Duta Genre untuk dapat membawa pesan dan edukasi kepada masyarakat sekitarnya, karena Duta Genre punya tanggung jawab moral, bukan hanya kepada diri sendiri namun juga kepada masyarakat,” urainya.

Ia berharap, kepada para Duta Genre agar Majene bisa lebih unggul dan maju. “Bukan hanya ditingkat kabupaten namun juga sampai ketingkat provinsi, nasional dan global, untuk itu dibutuhkan persiapan lebih awal, Berencana itu Keren,” ucapnya.

Staf Ahli Bupati Bidang Pendidikan, Ekonomi dan Sosbud Mustamin mengungkapkan, pada Pembukaan UUD 1945 Alinea ke empat, menitip pesan kepada para semua undangan, yaitu Mencerdaskan kehidupan Bangsa. “Cerdas dalam artian bahwa siapapun diantara kita, berpendidikan tinggi atau tidak, siapa yang mampu memperlihatkan akhlak yang baik sesuai dengan tuntutan dan kondisi dewasa ini, maka kecerdasan akhlak yang harus diutamakan,” pesannya.

Dituturkan, melalui Visi Majene Unggul, Mandiri dan Religius, maka kalimat unggul diperlihatkan pada kegiatan ini, tampilan generasi muda dengan penuh etika dan sopan santun kepada orang tua. “SDM Majene akan dapat tercipta dengan baik dengan kegiatan seperti ini, karena dari Pemilihan Duta Genre menghadirkan makna, salah satunya adalah menjalin Silaturrahmi atar kita semua,” bebernya.

Mustamin menyarankan, kepada para finalis Duta Genre agar meyakinkan diri sebagai generasi yang merencanakan rumah tangga yang baik ke depan. “Jangan ada pernikahan dini atau pernikahan usia muda, karena hal itu menjadi salah satu penyebab tingginya angka stunting,” ujarnya.

Mustamin berpesan kepada para Duta Genre agar menjadikan Visi Misi Bupati┬ádan Wakil Bupati Majene, yaitu Unggul Mandiri dan Religius (UMR). “Saya berharap agar hasil pemenang kegiatan ini akan memberikan kontribusi yang banyak bagi Majene Rumah Kita,” harapnya.

Kesempatan sama, Kepala Dinas PP-KB Majene dr. Hj. Wahida setelah lomba menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Majene yang selama ini telah memberikan ruang seluas luasnya bagi para duta genre Majene untuk dapat mengeksplore kemampuannya sampai ke tingkat Nasional.

“Terkhusus kepada BKKBN Sulbar, serta kepada semua panitia pelaksana dalam hal ini para mantan duta genre Majene yang telah berjibaku dan bekerja secara mandiri hingga mengahasilkan kemasan acara puncak yang cukup berkesan. Tak lupa juga saya sampaikan selamat kepada semua pemenang dan finalis lainnya, semoga kedepannya akan tetap memberikan yang terbaik bagi Kabupaten Majene sampai ke tingkat nasional, seperti tahun sebelumnya,” ucapnya.

Dari hasil lomba untuk Putri, diraih juara pertama atas nama Riska Aulianti Aris utusan PIK R Lawuaya SMAN 1 Sendana, juara kedua Nur Atika utusan Stikmar Marendeng Majene, dan juara ketiga Reski Amalia utusan PIK Pondok Sehat Unsulbar.

Sementara untuk Putra diraih juara pertama atas nama Agung utusan PIK R Palipi Soreang, juara kedua Akmal utusan PIK R Palipi Soreang, juara ketiga Agus utusan PIK R Marasana Tammero’do. Untuk juara Favorit atas nama Rini Damayanti utusan PIK R Palipi Soreang, dan juara Sosial Media Campaign Ade Anriani utusan PIK R Lawuaya SMAN 1 Sendana.(Ahi)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here