Pulau Popoongan Balak-Balakang, Kab. Mamuju Butuh Perhatian

228

Mamuju, LK – Pulau Popoongang Kecamatan Balak-Balakang Kabupaten Mamuju lebih banyak dikunjungi wisatawan via Kalimantan Timur, secara administratif terletak di kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, karena jarak 60 mil laut dari perairan Mamuju maka kemudian pulau-pulau dalam wilayah Balak-Balakang ini jarang tersentuh, Jalur terdekat untuk menuju pulau-pulau ini adalah dari Balikpapan, Sementara wisatawan yang berasal dari Sulawesi Barat bisa dikatakan Jarang Sekali, Kalaupun ada yang berkunjung dari Sulbar, biasanya memiliki kepentingan yang urgen jika ingin menuju Balak-Balakang misanya untuk mencari ikan, keperluanpeneliti, Atau kewajiban Guru pendidikan

Menurut Subhan soal potensi wisata di Balak-Balakang berada di level atas, untuk menemui pulau dengan pasir putih sangat mudah di tempat ini. Posisinya yang berada di selat Makassar antara Sulawesi dan Kalimantan dengan perairan dangkal menjadi tempat terbaik untuk tumbuhnya terumbu karang, hal yang sangat disukai wisatawan yang menikmati bentang bawah laut.

“Dari sekian pulau yang ada di Balak-Balakang, maka Pulau Popoongang memiliki struktur pasir putih yang sangat menarik. Gradsasi warna laut dari biru muda hingga biru tua dengan perairan yang tidak terlalu dalam, serta pasir putih dengan tekstur putih dan halus” Ucap Subhan Yang Merupakan Pemuda Yang ada di pulau Bala-Balakang

Subhan Menambahkan “Hal tersulit yang dihadapi untuk mencapai Pulau Popoongang adalah akses nya yang sangat sulit, butuh biaya besar yang dihabiskan untuk menyeberangi selat Makassar menuju Balak-Balakang dari kab. Mamuju”

Dari kajian pariwisata, maka syarat “kemudahan akses” belum tercapai untuk menjadikan kepulauan Balak-Balakang menjadi tujuan wisata, hal ini dapat ditangani jika otoritas setempat menyediakan alat transportasi dari Mamuju menuju Balak-Balakang. (Mul)

(Adventorial)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here