Rapat Paripurna Peringatan HJM ke-476

76

Bupati Harap Jaga Nilai-nilai Leluhur

LensaKhatulistiwa.com, Majene – Bupati Majene Andi Achmad Syukri Tammalele (Ast) berharap, kepada segenap masyarakat Majene senantiasa menjaga dan mengembangkan nilai-nilai luhur Mandar untuk memperteguh kesatuan dan persatuan jati diri demi menjadikan Majene jauh lebih baik.

“Kita mengajak seluruh masyarakat untuk senantiasa memberikan support dan semangat agar Majene Rumah Kita bisa terwujud dan menyatukan pikiran untuk daerah ke depan yang lebih baik,” ujar Bupati Majene Ast pada Rapat Paripurna Peringatan Hari Jadi Majene (HJM) ke-476, di ruang rapat Kantor DPRD Majene, Minggu (15/08/21).

Ia menjelaskan, usia Majene yang semakin matang dapat menjadi energi positif untuk terus memacu perwujudan masyarakat dan pemerintah menuju Majene Unggul, Mandiri dan Religius. “Kita ketahui bersama, bahwa 476 tahun yang lalu, tepatnya pada 15 Agustus 1545 disepakati menjadi HJM, melalui penetapan Peraturan Pemerintah Daerah Kabupaten Majene Nomor 11 Tahun 2014 Tentang Penetapan HJM

Diuraikan, untuk kesepakatan pada tanggal 15 didasari kejadian penting dimana tanggal 15 April 1909 sebagai hari penetapan Afdeling Mandar dari kompeni Belanda maka untuk mengenang kejadian, maka tanggal 15 disepakati menjadi peringatan HJM.

“Sementara untuk Agustus didasarkan atas beberapa peristiwa penting yang terjadi pada Agustus. Diantaranya sejarah Ammana Pattolawali dan Ammana Wewang memimpin masyarakat Majene menyerbu Residen Belanda yang ada di Pangaliali dan Camba,” terangnya.

Dipaparkan, Agustus juga menjadi bulan penetapan Majene sebagai pusat pemerintahan Mandar lama. “Sementara penentuan 1545 disepakati karena menjadi tahun puncak kejayaan masa ke emasan kerajaan-kerajaan di Majene yang dikenal dengan sebutan Pitu Babana Binanga atau 7 kerajaan besar yang ada di Pesisir,” paparnya.

AST berharap, beberapa  nilai sejarah pada tanggal, bulan dan tahun kesepakatan HJM menjadi semangat dan membangun daya juan masyarakat dalam membangun Majene menjadi wilayah yang disegani di Provinsi Sulbar dan provinsi lainnya.

Rapat Paripurna peringatan HJM secara protokol kesehatan dibuka Ketua DPRD Majene Salmawati Djamado, dihadiri Wakil Bupati Majene Arismunandar, Wakil Ketua I DPRD Majene, M. Idwar beserta anggota DPRD Majene, mantan Bupati Majene juga anggota DPRD Sulbar Kalma Katta, mantan Ketua DPRD Majene Darmansyah, Ketua PMI Majene Fatmawati Fahmi, Forkopimda dan para Pimpinan OPD, serta undangan lainnya.Usai pelaksanaan Rapat Paripurna dalam rangka peringatan HJM ke-476 tahun di ruang sidang DPRD Kab. Majene.

Setelah pelaksanaan Rapat Paripurna dilanjutkan kegiatan Masossor Manurung (Pemandian Pusaka Kerajaan) dari Kerajaan Kecamatan Ulumanda, di halaman Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Majene.(Srl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here