Saber Pungli Harap Memberi Perubahan Nyata

104

Majene, LensaKhatulistiwa.com – Wakil Bupati Majene Arismunandar berharap, kepada Tim Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih (Saber) Pungutan Liar (Pungli) dapat memberi perubahan yang nyata di Kabupaten Majene.

“Terkhusus bagi pungli yang masih sering terjadi di lingkungan masyarakat,” tegas Arismunandar saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Satgas Saber Pungli Kabupaten Majene 2021, di ruang Pola Kantor Bupati Majene, Selasa (07/09/21).

Ia mengatakan, strategi pelaksanaan kegiatan tim saber pungli, yaitu pembinaan, pencegahan dan penegakan hukum. “Saya meminta agar tim saber pungli melalui tiap-tiap Pokja nya untuk merumuskan program yang tepat, tegas, terpadu, efektif, efisien dan juga mampu menimbulkan efek jera,” pintanya.

Selain itu, agar terbangun perubahan mindset khususnya para aparatur negara dalam pelayanan masyarakat dengan prinsip zero pungli, namun tetap mengutamakan pelayanan prima. “Titik poinnya adalah pembinaan, pencegahan dan penegakan hukum, kita perlu membuat program agar tujuan ini tercapai  ke depan dan kita ingin agar program di koordinasikan dengan OPD terkait,” ujarnya.

Arismunandar mencontohkan, di daerah lain adanya pungli yang harus dirasakan para supir angkutan di jalan bahkan berujung premanisme, hal itu merupakan salah satu yang perlu pencegahan agar tidak terjadi di Kabupaten Majene. “Dengan memperketat kontrol sistem pengawasan sehingga dapat memperkecil celah terjadinya pungutan liar,” paparnya.

Sementara, Inspektur Inspektorat Majene Abdul Rahim berharap, tim saber pungli bisa memberi manfaat kepada masyarakat dan Pemkab Majene dengan minimalkan hingga menghilangkan pungli yang tidak sesuai ketentuan dan melanggar aturan yang juga selaras dengan prioritas visi misi Bupati Majene, khususnya dalam pemberantasan pelanggaran hukum di Majene.

“Semoga Satgas Saber Pungli ini bisa dilaksanakan dengan penuh rasa tanggungjawab sesuai dengan bidangnya dan semoga daerah kita ini terbebas dari pungli,” harapnya.

Kesempatan sama, Wakapolres Majene Kompol Jufri mendorong agar tim verivikator saber pungli lebih banyak melaksanakan sosialisasi baik di institusi pemerintah maupun masyarakat desa.

“Inspektorat selaku penanggungjawab tim saber pungli juga perlu mendiskusikan bersama tim teknis untuk membagi tim dan membuat jadwal sosialisasi di masyarakat. Tekhnis sosialisasi yang kita lakukan selain spanduk juga membagikan brosur ditempat pelayanan yang rawan terjadi pungli ” ujarnya.

Sementara itu, sasaran kegiatan saber pungli tidak hanya pada sektor pelayanan publik, namun juga kegiatan eksport import, penegakan hukum, perizinan,  kepegawaian, pendidikan, pengadaan barang dan jasa, dan kegiatan pungli lainnya yang meresahkan masyarakat.

Dalam rakor, di hadiri Kepala Kesbangpol, Kadis Kominfo, Kasat Pol PP, Kabag Ops Polres Majene, Kabag SDM Polres Majene, Kasat Sabhara, Kasat Binmas, Kasat Reskrim, Kasat Intelkam, Kasi Propam , Kasiwas, Perwakilan Bappeda dan lainnya.(Ahd)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here