SANTUNAN AHLI WARIS KORBAN GEMPA MAJENE TEREALISASI

90

Mamuju, LK – Sebulan lebih gempa Mamuju-Majene telah berlalu. Masih Nampak  beberapa relawan dari berbagai organisasi bertahan untuk membantu pengungsi dan penyintas gempa meskipun masa tanggap darurat bencana telah berakhir 4 februari 2021. Tidak terkecuali Badan Penanggulangan Bencana (BAGUNA) PDI Perjuangan Sulawesi Barat yang dipimpin langsung oleh H. ARWAN M ARAS T, S.Kom Anggota DPR RI Komisi VIII Fraksi PDI Perjuangan.

Sejak masa tanggap darurat hingga kini di masa transisi, seakan tiada rasa lelah legislator muda Sulawesi Barat H.Arwan M Aras bersama BAGUNA yang dipimpinnya terus menunjukkan mobilitasnya bergerilya ketitik titik pengungsian memberikan bantuan bagi Masyarakat yang terdampak gempa.

legislator muda ini kembali terlihat hadir di posko induk gempa kecamatan malunda. Kehadirannya tidak hanya bersama BAGUNA PDI Perjuangan Sulawesi Barat tetapi kali ini menggandeng  Kementerian Sosial (KEMENSOS) Republik Indonesia. (selasa,23 februari 2021)

Kehadirannya Kali ini dalam dua agenda sekaligus, memberikan bantuan 100 pcs selimut dan 2000 pcs masker kain untuk korban gempa. Dilanjutkan dengan realisasi santunan bagi para ahli waris korban meninggal dunia oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia. Sebanyak 13 ahli waris korban jiwa gempa bumi menerima santunan masing masing sebesar Rp.15.000.000 perjiwa.

“Panggilan kemanusiaan telah mengantarkan kami sampai ke Malunda. Semangat bergotong royong sesama anak bangsa terus kami gelorakan untuk kembali mengajak semua pihak ikut terlibat dalam membangun Sulawesi Barat. kehadiran kami ditempat ini sekaligus menjalankan peran dan fungsi sebagai partai politik yang senantiasa mengedepankan kepentingan rakyat banyak. Sebagaimana yang sering di ingatkan oleh ketua Umum  Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Ibu Megawati Soekarno Putri bahwa  berpolitik dengan tujuan menyebarkan kebaikan, politik itu terlibat aktif dalam kehidupan  Rakyat dan jadikanlah politik ini sebagai ladang perjuangan. Hal inilah yang menjadi spirit bagi kami sehingga sampai detik ini kami tetap konsisten berjuang bersama Masyarakat Sulawesi barat dalam menghadapi bencana gempa ini. pada kesempatan ini pula, mewakili Masyarakat Sulawesi Barat terkhusus warga yang terdampak gempa mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya atas langkah cepat yang diambil Kementerian Sosial (KEMENSOS RI) dalam meringankan beban korban gempa di Sulawesi Barat. Ungkap Arwan Aras

Selain itu Anggota DPR RI Dapil Sulawesi Barat ini juga menyampaikan harapannya kepada ahli waris penerima bantuan agar dapak memanfaatkan bantuan ini sebaik baiknya.

“Bantuan ini tentunya tidak akan mampu menghilangkan rasa sedih yang begitu mendalam karena kehilangan anggota keluarga akibat gempa, tetapi setidaknya bantuan ini dapat meringankan beban yang dirasakan keluarga korban. Semoga santunan ini dapat dimanfaatkan sebaik baiknya, tetap disyukuri karena bila kita bersyukur maka  Allah SWT akan menambahkan nikmat yang lebih besar lagi, ungkap Arwan Aras.

Kasubdit Pemulihan dan Penguatan sosial Kemensos RI, pudak Bakti Bidari mengatakan, Kemensos RI dalam menyalurkan santunan kepada penerima manfaat bekerjasama dengan PT Bank Mandiri untuk menyalurkan bantuan melalui mekanisme non tunai. Saat ini bantuan dapat diambil  oleh penerima manfaat yang telah terdata di Kemensos RI.

Total bantuan Kemensos RI untuk penanganan bencana gempa bumi di provinsi Sulawesi Barat pada tahun 2021 sudah sebesar Rp. Rp.4.897.380.698 sudah termasuk didalamnya santunan korban meninggal sebesar Rp. 1.620.000.000, masing masing 13 jiwa dimajene dan 95 jiwa korban di Mamuju.

Bersama Bapak H.Arwan M Aras T, S.Kom sebagai mitra kami di Komisi VIII DPR RI tentu akan berkomitmen untuk senantiasa akan hadir dalam setiap problematika sosial yang dihadapi Masyarakat, tutup Kasubdit Pemulihan dan penguatan sosial RI.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here