SDK Berkomitmen Pelihara Sikap Toleransi Warga Bumi Kondo Sapata

600

Mamasa – Dalam tatap muka dengan para pemuka lintas agama di Kabupaten Mamasa, SDK mengaku cukup kagum dengan harmonisnya hubungan antar pemeluk agama di Mamasa. Ia pun berkomitmen kuat untuk ikut terlibat aktif dalam merawat keharmonisan hubungan masyarakat yang sejak dulu telah terbangun.

“Mamasa ini memang dikenal sebagai wilayah yang dihuni oleh beragam pemeluk agama, dan yang saya kagumi adalah bagaimana masyarakat mayoritas tetap menjaga hubungan baiknya dengan mereka yang terbilang minoritas di Mamasa ini. Saya pun berkomitmen untuk ikut menjaga kondisi tersebut,” kata SDK.

Kondisi masyarakat Mamasa yang dihuni oleh beragam pemeluk agama menurut SDK memiliki kemiripan dengan kehidupan sosial masyarakat di Mamuju yang dihuni oleh beragam keyakinan, hanya saja yang sedikit membedakan adalah multi etnik yang mendiami wilayah kabupaten Mamuju sehingga lebih heterogen.

Bupati Mamuju dua periode itu pun menyebutkan, salah satu kunci tetap harmonisnya kondisi sosial masyarakat di Mamuju ialah dengan memaksimalkan peran pemerintah agar mampu menciptakan lingkungan dan keadaan untuk menunjang sikap dan tingkah laku yang mengarah pada kerukunan hidup beragama.

“Makanya, kami di Mamuju terbilang berhasil dalam menumbuhkan serta mengembangkan sikap serta tingkah laku yang mewujudkan kerukunan hidup antar umat beragama. Bukan hanya antar pemeluk agama saja, sebab di Mamuju itu juga dihuni oleh beragam etnis yang ada di Indonesia. Hingga kini, kondisinya Alhamdulillah bisa hidup rukun,” jelas SDK.(AL)