Standarisasi Laboratorium Berbasis ISO Milik Unsulbar

52

Majene,LensaKhatulistiwa.Com-Kampus Universitas Sulawesi Barat gelar pelatihan penguatan pengelolaan Laboratorium berbasis ISO milik Universitas Sulawesi Barat, Kamis 30 Desember 2021.

Laboratorium Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) merupakan laboratorium terpadu yang terdiri dari laboratorium Ilmu dasar hingga laboratorium Ilmu terapan. Hingga hari ini, Laboratorium yang berbasis ISO tersebut sudah digunakan Mahasiswa hingga Dosen Unsulbar dalam melakukan penelitian.

Rektor Unsulbar Dr. Ir. H. Akhsan Djalaluddin, MS dalam sambutannya mengatakan bahwa Penggunaan laboratorium baik dalam kegiatan praktek maupun penelitian dilingkup Unsulbar diharapkan UPT Laboratorium terpadu Unsulbar harus memiliki sistem penegelolaan yang baik dan profesional, pukasnya.

Sementara Kepala UPT Laboratoium Terpadu Unsulbar, Sari Rahayu Rahman, S.Pd., M.Pd. dalam kesempatan yang lain menuturkan bahwa Pelatihan ini merupakan bekal UPT Laboratorium Terpadu Unsulbar dalam memperluas kebermanfaatannya kedepan.

“Kita harapkan para mahasiswa Unsulbar dapat memanfaatkan secara baik serta bersama-sama menjaga Laboratorium kebanggan kita semua,” tegasnya.

Pada kegiatan pelatihan tersebut dipaparkan materi tentang pemahaman standarisasi laboratorium berbasis ISO 17025 untuk laboratorium pendidikan dan penhelolaan manajemen laboratorium yang baik oleh pemateri Tri Joko Raharjo, S.Si., M.Si., Ph.D.

Tenaga Laboratorium Universitas Sulawesi Barat perlu memahami ISO 17025 untuk laboratorium pendidikan karena hal ini merupakan pengetahuan penting yang harus dimiliki dalam mengembangkan sistem mutu, administrasi dan teknis dalam melakukan kegiatannya di laboratorium. Hal ini menjadi persyaratan umum yang harus dipenuhi oleh suatu laboratorium apabila ingin diakui sebagai laboratorium yang kompeten dalam melakukan pengujian atau kalibrasi.

Pengetahuan terkait ISO 17025 yang didapatkan pada pelatihan ini tentunya akan menjadi bekal laboratorium selingkup UPT Laboratorium Terpadu Unsulbar untuk mempersiapkan diri menjadi laboratorium kompeten yang secara konsisten mampu menghasilkan data hasil pengujian yang akurat dan teliti.(srl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here