Sulai Jadi Desa Perdana Penanaman Kopi Di Majene

126

Majene, LensaKhatulistiwa.com, Kopi merupakan komoditas perdagangan strategis dan memegang peranan penting bagi perekonomian nasional, serta meningkatkan peran agribisnis kopi dalam mendukung perekonomian daerah.

Gagasan penanaman perdana bibit kopi juga mulai melakoni Kelompok Tani (Poktan) di Desa Sulai Kecamatan Ulumanda dengan tahap pertama seluas 5 hektar di enam wilayah Dusun di Desa Sulai. “Kita akan tambah lagi seluas 5 hektar yang sementara dalam penggarapan lahan,” tutur Kades Sulai Abdullah, Senin (26/07/21).

Dijelaskan, bibit pohon kopi yang ditanam sebanyak 5000 dengan jenis Robusta yang didatangkan dari Kabupaten Polewali Mandar (Polman) yang sudah bersertifikat. “Untuk anggaran pengadaan bibit kopi robusta melalui APBDes 2021, dan kita upayakan ditanami sebanyak 20.000 bibit,” ujarnya.

Ia menguraikan, pertumbuhan bibit kopi robusta sangat cepat dan dapat tumbuh pada ketinggian 200 meter bahkan sampai 500 meter di atas permukaan laut. “Penanaman perdana bibit kopi robusta ini sudah dilaunching pak Bupati Majene, pada Minggu (25/07/21),” urainya.

Terpisah Bupati Majene Andi Achmad Syukri Tammalele (Ast) menuturkan, jika para poktan di Majene berhasil mengembangkan komoditi tanaman kopi, maka ekonomi masyarakat dan Pendapat Asli Daerah (PAD) akan meningkat.

“Kita harapkan, para poktan lainnya juga dapat mengembangkan tanaman kopi, serta tanaman lainnya yang dapat bermanfaat pada peningkatan PAD di daerah kita ini,” harapnya.

Ia menilai, wilayah Kecamatan Ulumanda  memiliki potensi tanah yang subur, khususnya seperti di Desa Sulai yang sangat potensi dalam bercocok tanam, selain bibit kopi robusta, juga tanaman komoditi lainnya.

Harapan Pemerintah Kabupaten Majene supaya Pemerintah Desa Sulai tetap berkomitmen untuk memberdayakan petani melalui penanaman kopi serta tanaman produktif lainnya,” tukas mantan Sekkab Majene itu.(AW)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here