Terkendala Air, Kurang Lebih Sepuluh Bulan Petani Rappang Tidak Bisa Turun Sawah

686

Polman – LK, Akibat tidak tersedianya irigasi, kurang lebih 500 Ha sawah Petani di Desa Rappang Barat Kecamatan Mapilli Kabupaten Polewali Mandar tidak bisa digarap oleh pemiliknya dalam kurun waktu sepuluh bulan terakhir.

Salah seorang petani Desa Rappang Barat, Arif membenarkan hal tersebut dan menurutnya sudah sekitar sepuluh bulan terakhir dia bersama rekan – rekannya tidak bisa turun ke sawah disebabkan karena sawah milik mereka mengalami kekeringan.

“Sumber air yang di gunakan selama ini adalah sungai andau, sementara luas persawahan kurang lebih 500 Ha dan itu tidak cukup untuk mengairi sawah kami, dan selama sepuluh bulan terakhir terpaksa kami tidak bisa menggarap sawah,” Jelas Arif.

Haskiman yang juga petani dari Desa Rappang Barat menambahkan bahwa luasan persawahan yang kurang lebih 500 Ha tersebut akan mengalami penambahan seluas 100 Ha melalui program cetak sawah dan menurutnya sungai andau tidak akan mampu mengairi luasan persawahan mereka.

“Akan ada penambahan luas persawahan 100 Ha melalui program percetakan sawah baru, tapi sampai sekarang tidak ada kejelasan sumber air yang di gunakan. Jika percetakan sawa baru itu betul terlaksana, dan kalau sungai andau yang di harapkan itu mustahil,” Tutup Haskiman.(AL)