TP-PKK Pamboang Juara Pidato Bahasa Mandar

110

LensaKhatulistiwa.com, Majene – Perwakilan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kecamatan Pamboang meraih juara pertama pada lomba pidato Bahasa Mandar, digelar di Museum Mandar Majene, Sabtu (07/08/21).

Pantauan, untuk meraih juara kedua direbut Perwakilan TP-PKK Kecamatan Banggae, disusul juara ketiga dari Perwakilan TP-PKK Kecamatan Tammerodo. “Lomba pidato ini sumber dananya berasal dari DAK (Dana Alokasi Khusus) non fisik dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia. Untuk pesertanya dari TP-PKK kecamatan se-Kabupaten Majene,” jelas Muhammad Yassin Djamil Kabid Pengembangan Kebudayaan dan Pariwisata Disbudpar Majene.

Ia menjelaskan, lomba pidato Bahasa Mandar digelar pada 7 Agustus bertepatan dengan Festival Kota Tua yang merupakan program Dinas Pariwisata Sulbar. “Lomba pidato Bahasa Mandar untuk meningkatkan pelestarian budaya Bahasa Mandar sesuai aksen atau dialeg bahasa para peserta, karena setiap kampung atau wilayah akan berbeda dalam hal penyebutan sesuatu benda,” urainya.

Senada, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Majene Andi Beda Basharoe menjelaskan, festival lomba bahasa Mandar untuk memajukan kelestarian Bahasa Mandar meski dalam Bahasa Mandar punya aksen atau dialeg yang berbeda-beda setiap kampung atau wilayah akan berbeda dalam hal penyebutan sesuatu benda.

“Kriteria lomba, karena masih banyak anak-anak kita yang sampai saat ini sukar berbahasa Mandar yang baik dan benar, terutama dalam hal artikulasi, sopan santun dan penampilan sebagai orang Mandar. Untuk kriteria penilaian, diantaranya teknik berpidato, bahasa
atau artikulasi, penampilan dan isi pidato atau materi pidato,” terangnya.

Diungkapkan, sesuai penelitian dari Balai Bahasa bahwa pengucap Bahasa Mandar di Majene setiap tahunnya cenderung menurun. “Inilah yang kita khawatirkan jika tidak diantisipasi maka Bahasa Mandar akan punah, sehingga diharapakan kepada generasi untuk terus melestarikan Bahasa Mandar. Saya ucapkan terima kasi kepada para Pemerintah setempat, baik camat, kelurahan dan desa yang telah mendukung kegiatan ini,” ucapnya.

Kegiatan lomba pidato Bahasa Mandar dengan tema Bahasaku Identitasku, dibuka Asisten II Setda Majene Andi Amran dihadiri para Camat dan para dewan juri serta para jajaran Disbudpar Majene.(Srl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here