USDI: Pariwisata Jika Ingin Maju Seharusnya Kemitraan Dibangun Antara OPD

15

Mamuju – Indikator majunya suatu daerah disaat ekonomi kerakyatan mulai menggeliat, salah satu cara yaitu memajukan sektor bidang pariwisata di daerah tersebut. Hal itu dikatakan, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Mamuju, Usdi saat media Koreksi.id menemui di kantornya, Senin (30/3/2021).

“Membangun destinasi pariwisata di Kabupaten Mamuju, dimulai membangun obyek wisata dengan sarana akomodasi di area spot wisata, seperti akses jalannya, rumah ibadah sehingga ada atraksi masyarakat dalam ekonomi kerakyatan, sehingga ada efek domino dampak kepada masyarakat  dimana selama ini kita dengun-dengunkan,” kata Usdi.

Selain itu Usdi, menambahkan sektor pariwisata jika ingin maju seharusnya kemitraan dibangun antara OPD dan pihak swasta.

“Saya contohkan salah satu daerah di Indonesia, Banyuwangi disana dinas pariwisatanya, menjadi lokomotif dan insatansi lainnya adalah gerbongnya, seperti akses jalannya dinas PU dan ekonomi kerakyatannya dinas koperasi dan pihak swasta dan bank ikut juga berkontribusi, sehingga dampak ekonomi masyarakat dan kesejahteraannnya meningkat. Contoh hanya sawah tapi disulap menjadi wisata paket. Jika itu kita lakukan juga di Mamuju, pasti banyak spot-spot wisata bisa kita lakukan,” ungkapnya.

Usdi menambahkan, potensi wisata di Kabupaten saat ini sudah beberapa titik digalakkan pihak pemerintah, seperti destinasi wisata Pulau Karampuang, Manakarra Tower, Pantai Ngalo, Tapandullu, Air Terjun Tamasapi, dan puncak bukit Morano, Rumah Adat Mamuju.

“Kita masih terkendala dari sektor dana, dan kedepan sudah pernah dibahas di DPRD terkait penganggaran obyek wisata, semoga kedepannya dijadikan Perda,” terang Usdi dikenal punya wawasan luas.

Selain itu, kata Usdi dia juga membuka ruang buat investor ingin bekerjasama dengan pihak dinas pariwisata dalam pengembangan obyek wisata yang ada di Kabupaten Mamuju, sehingga dampak ekonomi kepada masyarakat bisa dirasakan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here