Usulan Data Peserta BPJS Kesehatan

55

Dinsos Tunggu Informasi Pemprov Sulbar

Majene, LensaKhatulistiwa.com – Dinas Sosial (Dinsos) Majene masih menunggu informasi terkait pengaktifan kartu peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang ditanggung Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulbar.

Kepala Dinsos Majene Muhammad Jafar menjelaskan, sesuai data awal terdapat 12794 jiwa peserta BPJS Kesehatan di Majene yang ditanggung Pemprov Sulbar yang kini kembali diusulkan sebanyak 11.800 lebih setelah melakukan validasi data.

“Artinya, dari 12974 jiwa ini sempat dinonaktifkan karena banyak nama-nama peserta yang dobol sehingga kita diminta untuk memvalidasi kembali dan hasilnya sebanyak 11.800 lebih. Untuk saat ini kita masih menunggu informasi dari Pemprov Sulbar, untuk pengaktifannya kembali,” ujar Muhammad Jafar, Senin (04/10/21).

Dikatakan, apabila terdapat warga yang ingin mengambil rekomendasi untuk berobat tentu pihaknya berkordinasi dengan Dinas Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (DPKAD) Majene terkait kemampuan anggaran, karena Dinsos Majene hanya sebatas pengguna data peserta BPJS Kesehatan dan bukan pengguna anggaran.

“Jumlah peserta BPJS Kesehatan yang ditanggung Pemerintah Daerah Majene saat ini sebanyak 33.938 jiwa sesuai kemampuan anggaran melalui APBD Kabupaten,” terangnya.

Selain itu, untuk jumlah Penerima Bantuan Iuran (PBI) Jaminan Kesehatan khususnya di Majene yang ditanggung Pemerintah Pusat sebanyak 101.009 jiwa. “Dari 101.009 jiwa ini terdapat 18.000 jiwa tidak masuk dalam DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial),” jelasnya.(Ikn)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here