Wabup: Aksi Pencegahan Stunting Wujud Dukungan Visi-Misi Pemda Majene

46

Majene,Lensakhatulistiwa.Com-Wakil Bupati Majene ArisMunandar pimpin kegiatan lokakarya stunting tingkat Kabupaten Majene tahun 2022, yang dilaksanakan Dinas Pengendalian Pendudukan dan Keluarga Berencana (DPPKB) bertempat diruang pola kantor Bupati Majene, Senin 8 Agustus 2022.

Melalui kegiatan tersebut Wakil Bupati Majene kembali menegaskan kepada seluruh sektor agar dapat melakukan aksi-aksi percepat dalam pencegahan dan penanganan angka stunting di Kabupaten Majene.

ArisMunandar mengatakan bahwa, penting kita semua mengambil langkah cepat untuk terus menerus menekan angka stunting di Majene. Pemerintah Desa, Kelurahan, Kecamatan, OPD dan lintas sektor agar turut bersama sama mengambil langkah dalam penekan angka stunting.

“Hal tersebut sudah menjadi komitmen kita semua dalam penanganan dan pencegahan angka stunting di Kabupaten Majene. Selain itu pula, gerakan itu diharapkan dapat mewujudkan Visi-Misi Pemerintah Kabupaten Majene, yang mana mewujudkan sumberdaya manusia yang unggul dan kompetitif,”ujarnya, Wabup.

Ia juga menyampaikan salah satu langkah pembaharuan strategi percepatan penurunan angka stunting dapat dilakukan melalui pendekatan keluarga khususnya pendampingan keluarga beresiko stunting.

“Makanya itu, untuk mencapai target sasaran harus merujuk pada calon pengantin, pasangan usia subur, ibu hamil, ibu pasca melahirkan dan anak usia 0-59 bulan,” jelasnya.

Dirinya harapkan, kegiatan lokakarya yang dilakukan hari ini perlu ditindak lanjuti dengan pernyataan bersama lintas sektor terkait laporan hasil pendampingan keluarga beresiko stunting dimana merupakan hasil kolaborasi ditingkat lapangan.

“Bidan, kader TP-PKK dan kader KB atau tim pendamping keluarga (TPK). Mereka itulah yang akan mengawal proses penurunan stunting mulai dari hulu seperti, pencegahan proses inkubasi hingga melakukan tindakan pencegahan lain.”

Hadir dalam kesempatan tersebut para pimpinan OPD, Camat, Tim Satgas Stunting Provinsi Sulbar, para lurah dan kades untuk Kecamatan Banggae dan Banggae Timur, para tim pendamping keluarga dan dua narasumber.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here