Wabup Kukuhkan Dua Poktan Kopi

107

MAJENE, Tanaman kopi memang mudah ditanam dan dirawat, namun membutuhkan perhatian yang khusus agar bisa tumbuh dengan sehat.

Pernyataan ini, dituturkan Wakil Bupati Majene Arismunandar setelah mengukuhkan dua Kelompok Tani (Poktan) Kopi di Kecamatan Malunda, Selasa (13/07/21).

“Dua poktan kopi ini berada di wilayah Kecamatan Malunda dan Kecamatan Sendana, yaitu Poktan Batu Koko Dusun Camba-Camba dan Poktan Kalappo Lita Maupa (Kalipa) Desa Tallu Banua,” terangnya.

Arismunandar menguraikan, kopi telah menjadi kebutuhan dan tidak hanya skala kabupaten saja, tapi juga skala Nasional bahkan Internasional. “Ini suatu kesyukuran bersama, baik Pemerintah Kabupaten maupun Pemerintah Desa bersama masyarakat petani telah berupaya mengembangkan tanaman kopi,” ucapnya.

Untuk mencapai keberhasilan menanam kopi lanjutnya, tentu membutuhkan perjuangan, kesabaran, ketekunan dan konsistensi. “Masa tanam kopi mungkin memakan waktu hingga tahunan dan hasilnya sudah kelihatan, jadi perlu kesabaran,” pintanya.

Dihadapan para Ketua dan anggota Poktan Kopi, Aris menuturkan, penanaman kopi diharapkan dapat membantu perekonomian masyarakat di desa. “Kita akan membukakan jalan baik dalam hal pemasaran hingga pembeli dengan berkoordinasi para pedagang, karena sebagai Pemerintah tentu menginginkan masyarakatnya sejahtera, kalau masyarakat sejahtera tentu kita juga turut senang,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Tallu Banua Safruddin mengatakan, progres tanaman kopi di Desa Tallu Banua dan Dusun Camba-Camba sangat menjanjikan. “Masyarakat petani di Desa Tallu Banua menggarap tanaman kopi telah berjalan dua tahun dan sudah berbuah,” akunya.

Ia berharap, penanaman kopi dapat berjalan dengan baik untuk mendukung Pemerintah Daerah. “Tanaman kopi yang sudah berbuah sehingga petani sangat bersemangat. Semoga ke depannya terus mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Daerah,” harapnya.(Srl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here