Wacana, Pemprov Sulbar akan Bangun Rumah Sakit Jiwa

82

Mamuju-lensakhatulistiwa.com,  Meski sudah 15 tahun terbentuk, Sulawesi Barat hingga saat ini belum memiliki fasilitas rumah sakit khusus untuk menangani pasien gangguan jiwa.

Selama ini, penanganan pasien gangguan jiwa di Sulbar lebih banyak dibawa ke Rumah Sakit Dadi, Makassar, Sulawesi Selatan, untuk mendapatkan pengobatan.

Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar, mengatakan Pemprov saat ini masih fokus pada pembenahan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Regional Sulbar.

“Sementara juga kita persiapkan untuk itu, kalau sudah rumah sakit ini (RSUD Regional Sulbar) sudah bagus dan normal kita laksanakan lagi satu,” kata Ali, Kamis (20/2).

Dari data Dinas Kesehatan (Dinkes) Mamuju, beberapa tahun ini ada sekitar 300 orang yang mengalami gangguan jiwa. Namun yang tertangani untuk dibawa ke Rumah Sakit Dadi Makassar, Sulawesi Selatan, sebanyak 21 orang.

Kepala Bidang Hak Asasi Manusia (HAM) Kemenkumham Sulbar, Munir, merespons rencana gubernur untuk membangun rumah sakit jiwa di Sulbar.

Menurutnya, sudah menjadi amanah undang-undang tentang kesehatan jiwa di mana pemerintah daerah diwajibkan untuk menyiapkan fasilitas untuk penanganan gangguan jiwa.”Itu aja dasarnya, memang pemerintah daerah diwajibkan menyiapkan fasilitas itu,” ujarnya.(*/adi)

(advertorial)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here