Wardin : Pelayanan Prima Tujuan Utama

60

MAJENE, Pelayanan publik menjadi semakin penting karena senantiasa berhubungan dengan khalayak ramai yang memiliki keanekaragaman kepentingan dan tujuan. karena itu institusi pelayanan publik dapat dilakukan pemerintah.

Pemerintah merupakan organisasi birokrasi terdepan dalam pelayanan publik yang tentunya pelayanan masyarakat menuntut setiap unsur di dalam lembaga untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Pelayanan prima yang dilakukan pemerintah untuk melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya untuk dapat memberikan kepuasan dan memenuhi kebutuhan serta keinginan masyarakat.

Untuk mewujudkan pelayanan publik yang baik maka pemerintah menempatkan jumlah dan kualitas staf atau aparat dan memiliki pemahaman akan pelayanan publik yang baik sehingga tepat sasaran dan pelayanan yang diberikan juga dapat mendekatkan birokrasi dengan masyarakat.

Pelayanan prima kepada masyarakat menjadi tujuan utama sesuai standar pelayanan yang telah ditetapkan. Karena setiap organisasi atau instansi pasti mempunyai standart pelayanan yang bermuara pada prinsip pelayanan prima,” papar Wardin Wahid Kepala Desa Palipi Soreng Kecamatan Banggae, Senin (19/07/21).

Wardin Wahid yang baru saja menahkodai Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (DPD APDESI) Provinsi Sulbar periode 2021-2026 ini menuturkan, kesederhanaan prosedur dan tata cara pelayanan perlu ditetapkan dan dilaksanakan secara mudah, lancar, cepat, tepat, tidak berbelit-belit, mudah dipahami masyarakat yang meminta pelayanan.

“Berkomunikasi yang baik ini merupakan keterampilan yang harus dimiliki setiap staf pemerintah desa, karena akan berpengaruh terhadap proses penyelesaian pekerjaan dari seorang aparat desa,” tutur Sarjana Hukum itu.

Dipaparkan, setiap staf tentu berusaha memahami, melayani dan menghargai masyarakat sehingga akan membantu dalam peningkatan kualitas pelayanan publik yang diberikan pemerintah kepada masyarakat. “Melayani masyarakat dengan baik adalah merupakan tanggungjawab bagi pemerintah, karena akan menunjukan kepada masyarakat bahwa staf dalam instansi pemerintah adalah seorang profesional di bidang pelayanan publik,” ungkapnya.

Dalam upaya membangun kebersamaan demi terciptanya keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat, Kepala Desa Palipi Soreng dua periode ini menjelaskan, tentunya yang harus diutamakan adalah memberikan pelayanan prima. “Pelayanan prima merupakan kunci kesukseskan guna menciptakan Pemerintahan Desa yang lebih baik,” jelasnya.

Dikatakan, dirinya yang diberikan amanah masyarakat untuk memimpin Desa Palipi Soreng harus mampu merangkul semua pihak, sebab kerjasama yang baik antara masyarakat dan perangkat desa sangat diperlukan dalam menunjang kesuksesan agenda pembangunan. “Belum lama ini, kami membenahi semua ruang Kantor Desa Palipi Soreng, ini semua upaya peningkatan pelayanan prima, sehingga masyarakat dapat terlayani dengan baik,” ujarnya.(Srl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here